WhatsApp Bersiap Digugat BlackBerry

Teknonisme.com – BlackBerry kembali muncul dalam pemberita. Bukan untuk peluncuran smartphone tapi untuk menggugat Facebook, WhatsApp dan Instagram yang dituduh melakukan “pelanggaran paten”. Raksasa media sosial tersebut telah dituduh oleh Blackberry, karena menggunakan teknologi dalam aplikasi pesan instan populernya.

Inilah 7 hal yang perlu Anda ketahui mengapa tuntutan tersebut diajukan terhadap Facebook:

BlackBerry mengklaim WhatsApp, Facebook Messenger dan Instagram melanggar hak paten perusahaan

Kembali di tahun 2000an, aplikasi perpesanan instan BlackBerry Messenger milik BlackBerry sangat populer. BlackBerry sekarang mengatakan bahwa aplikasi seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp menggunakan kemampuan olahpesan yang pertama kali dirancang oleh BlackBerry.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan tersebut mengatakan, “Kami memiliki klaim kuat bahwa Facebook telah melanggar hak kekayaan intelektual kami, dan setelah beberapa tahun berdialog, kami juga memiliki kewajiban kepada pemegang saham untuk mendapatkan solusi hukum yang sesuai,” dikutip Gadgets Now, Rabu (7/2).

BlackBerry mengancam untuk memperkarakan WhatsApp

BlackBerry ingin Facebook berhenti mengoperasikan aplikasi perpesanan instan utamanya itu. Itu belum semua. Perusahaan juga mencari  cara agar Facebook berhenti menyediakan aplikasi lain seperti Facebook Messenger, Workplace Chat, WhatsApp, dan juga Instagram.

BACA JUGA:

Belum terhitung, namun BlackBerry sudah rugi miliaran dolar

Sampai sekarang, belum ada angka resmi yang dikutip BlackBerry. Namun, ia mencari bantuan untuk menutupi kerugian yang telah mereka alami selama ini.

Fitur WhatsApp disalin dari BlackBerry

Ada beberapa fitur, menurut BlackBerry, yang telah diambil Facebook. Ini termasuk: menampilkan beberapa pesan masuk di kotak masuk, menunjukkan indikator pesan yang belum dibaca di atas ikon, memilih tag foto, dan sekarang menampilkan cap waktu di samping setiap pesan di thread.

Facebook mengatakan gugatan BlackBerry hanya mencari keuntungan

Paul Grewal, Wakil Penasihat Umum Facebook mengatakan tentang settingan BlackBerry yang sedang mencari pemasukan setelah alami kerugian. “Setelan Blackberry dengan sedih mencerminkan keadaan saat ini dari bisnis pesannya. Setelah meninggalkan upayanya untuk berinovasi, BlackBerry kini ingin melakukan pajak inovasi orang lain. Kami berniat untuk melawannya,” sebagaimana dikutip Gadgets Now, Rabu (7/3).

Perang Facebook dan BlackBerry dimulai

Dengan pernyataan tersebut, jelas bahwa Facebook tidak berniat mundur. Melihat BlackBerry juga membuat pernyataan kuat, tetap harus dilihat bagaimana bentuk pertarungan hukum ini.

Sebelumnya, BlackBerry telah menggugat Nokia dan Qualcomm

Pada tahun 2017, BlackBerry mengajukan kasus paten terhadap Nokia yang menuduh perusahaan Finlandia tersebut menggunakan hampir selusin penemuannya tanpa izin. BlackBerry juga memenangkan perselisihan mengenai pembayaran royalti terhadap Qualcomm tahun lalu. Qualcomm setuju untuk membayar BlackBerry $ 940 juta setelah penyelesaian arbitrase atas kasus tersebut dimenangkan BlackBerry.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait BlackBerry atau informasi teknologi terkini lain di Teknonisme.

tambah followers instagram,jualan instagram,gramcaster

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *