Wednesday, 30 November 2022

Waspada! Modus Penipuan Telepon Diblokir Atau Tunggakan Bank

shopee,boostr,tools,shopee tools,shopee booster

Akhir-akhir ini sedang cukup marak modus penipuan baru yang mengincar pengguna telepon rumah.

Yakni ada telepon masuk dari orang tidak dikenal, dan saat telepon itu kita angkat, maka akan terdengar suara seperti suara perempuan dengan nada mesin operator yang berkata, “Nomor Anda akan diblokir. Segera tekan 9 untuk info lebih lanjut.” Atau, “Anda memiliki tunggakan di Bank”.

Tentu hal ini membuat panik, apalagi jika masuk ke nomer telepon, di mana seharusnya hanya orang-orang tertentu, seperti keluarga dan kerabat dekat, atau instansi seperti perbankan yang mengetahuinya.

Modus Penipuan Mengaku dari Telkom

Hal ini diceritakan dengan lengkap melalui blog personal mugniar.com (silahkan kunjungi: https://www.mugniar.com/2022/10/modus-penipuan-mengaku-dari-telkom.html).

img/src: Mugniar.com

Saat itu ybs mengaku mendapatkan panggilan tersebut pada waktu siang hari (zuhur, menurut informasi dari blog pribadinya), lantas ia mengikuti instruksinya dengan menekan no-9.

Tentu ia langsung heran. Kenapa bisa ada pemblokiran, padahal ia mengaku tidak pernah bermasalah dalam melakukan pembayaran yang sesuai dengan tagihan,

Setelah menekan no-9 pada tombol telepon, suara seberang itu mengatakan “Anda akan dihubungkan dengan polisi.”

Percakapan berlanjut, hingga penelepon terus ‘nge-gas’ untuk mendesak calon korbannya, bahwa mereka resmi dan berniat membantu. Tentu jika terus dituruti, maka bisa-bisa ada uang yang melayang!

img/src Mugniar.com

Sebelum masuk kepercakapan yang bisa menjadikannya korban penipuan, calon korban sadar dan mengatakan “Cukup, ya. Informasinya cukup sampai di sini. Maaf, saya ada pekerjaan yang harus saya kerjakan sekarang. Saya tidak bisa!”

Langkah calon korban sendiri sudah cukup cerdas, dengan sadar bahwa ia sudah masuk perangkap sindikat penipu online ini. Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki kecerdasan seperti ini, karenanya modus penipuan sejenis ini masih subur saat ini.

Modus Sama, Namun Info Tunggakan Bank

Senada dengan modus penipuan mengaku telekom tersebut, ada pihak lain yang tidak berkenan identitasnya kami publikasikan, yang memiliki cerita sejenis dan menceritakannya kepada redaksi teknonisme.com.

Namun, ceritanya berbeda, karena jika calon korban sebelumnya mengaku dari telekom, calon korban ini mengaku mendapat telepon dari Bank.

Yakni, ada telepon asing yang mengatakan kalau calon korban ini (narasumber kami) memiliki tunggakan di sebuah bank BUMN. Begini narasi penipuannya:

“Pelanggan yang terhormat, hingga saat ini, anda memiliki tagihan di pusat bank ‘M’ sejumlah 3.5 Juta Rupiah! Silahkan tekan 9 untuk berbicara dengan customer service kami!”

Modus penipuan mengatakan ada tunggakan hutang

Karena narasumber kami telah mengerti modus-modus sejenis, dan tidak benar juga ia memiliki hutang di bank tersebut, maka ia langsung memutuskan untuk menutup saja panggilan tersebut, tanpa menekan angka 9.

Benang merahnya dua modus penipuan via telepon rumah ini ada satu: sama-sama menginstruksikan untuk tekan angka-9 untuk info selanjutnya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, semoga tidak ada korban dari tindakan licik ini kemudian hari!


Cari Info Digital & Teknologi Lebih Banyak:

Comments

comments