Update Penting Algoritma Google di 2020: User Experience

shopee,boostr,tools,shopee tools,shopee booster

Update algoritma google terbaru adalah pengetahuan wajib bagi seorang master SEO. Google, nyaris tiap tahun mengeluarkan update algoritma yang bersifat major, atau tiap beberapa bulan mengeluarkan update minor.

Hal ini membuat para master SEO, mesti terus bekerja dan berinovasi, mengikuti ketatnya standar dari google yang kian hari, kian tinggi.

Lalu apa yang berubah pada kebijakan SEO google untuk tahun ini dan prediksi tahun depan di 2021?

Speed Report Berubah Menjadi Core Web Vitals!

Dari perubahan nama saja: core web vitals, sudah mengandung makna yang mengatakan kalau ini akan menjadi elemen penting pada ranking SEO.

Tampilan Core Web Vitals. Source: searchengineland.com

Awalnya, keterangan tersebut hanyalah berupa laporan speed atau kecepatan website anda, tapi kini akan menjadi komponen vital untuk menilai website yang ditetapkan google.

Google memang belum memberikan keterangan resmi terkait kriteria ini, seperti yang dijelaskan pada laman chromium google, mengatakan kalau:

“The subset of Web Vitals that apply to all web pages, should be measured by all site owners, and will be surfaced across all Google tools. Each of the Core Web Vitals represents a distinct facet of the user experience, is measurable in the field, and reflects the real-world experience of a critical user-centric outcome.”

Definisi Core Web Vitals

Atau jika dialih bahasa indonesia kan, maka core web vitals merupakan subset bagian vital dari website yang berlaku ke seluruh halaman web, hal ini harus diukur oleh pemilik website, dan akan muncul di alat-alat google. Masing-masing metriks pada core web vitals merepresentasikan sisi berbeda dari pengalaman pengguna, ini diukur dilapangan, dan merefleksikan pengalaman sebenarnya dari hasil yang berpihak pada pengguna.

Masing-masing metriks itu adalah:

Matriks core web vitals terdiri dari LCP, FID, CLS. Sumber: searchengineland.com

Apa definisi masing-masing matriks?

  • LCP adalah Largest Contentful Paint atau mengukur performa pertama kali website dimuat (loading performance). Standar yang diperbolehkan adalah 2.5 detik website harus dimuat dengan sempurna.
  • FID adalah First Input Delay atau mengukur Responsivitas interaktivitas yang harus dibawah 100 ms (mili detik).
  • CLS adalah Cumulative Layout Shift atau kestabilan dalam layout website yang harus dibawah 0.1 skornya.

Perubahan ini sudah dapat anda lihat pada google webmaster tools (atau google search console).

Page Experience akan jadi faktor SERP ranking di 2021!

Faktor user interface dan user experience akan makin menentukan pada ranking SERP (Search Engine Result Page).

Faktor Page Experience. Sumber googleblog

Menurut artikel dari google blog, Google akan memiliki parameter sendiri untuk mengukur seberapa berguna website anda kepada pengguna, dan seberapa mudah digunakan website anda.

Hal diatas dijelaskan secara rinci pada video dibawah ini:

Dari video diatas, tergambar jelas adanya kesalahan klik pada pengguna, karena ada pop up install bar diatas, yang tadinya ingin klik “No, Go back”, malah kepencet Yes, place my order.

Apa yang harus dilakukan agar menjaga atau meningkatkan ranking dalam SEO? sederhananya adalah ikuti petunjuk google pada google search console, karena semua yang dibutuhkan ada disana! sehingga kita tidak perlu khawatir lagi akan update algoritma google terbaru!

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa
Cari Info Digital & Teknologi Lebih Banyak:

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *