Microsoft Xbox One X vs Sony PS4 Pro, Bagus Mana?

Teknonisme.com – Pertanyaan di judul ini tidak akan pernah menjadi pilihan yang mudah. Keduanya adalah kelas berat dengan keistimewaan mereka sendiri dan juga memiliki penggemar berat. Keduanya telah mencoba untuk mengalahkan satu sama lain, seperti saingan kompetitif lainnya yang akan dilakukan dan selalu menjadi panggilan yang sulit untuk memisahkan keduanya. Kami tidak berbicara tentang dua petinju, tapi dua game konsol, yakni Sony ‘Playstation dan Microsoft Xbox.

Microsoft baru-baru ini mengumumkan peluncuran konsol terbarunya di India, Xbox One X. Sedangkan, Sony sudah memiliki PS4 Pro di pasaran. Dari keduanya, kami akan memberikan daftar spesifikasi dua konsol tersebut dan melihat bagaimana mereka saling bersaing di pasar game konsol dunia.

Prosesor dan Sistem Operasi

Kedua konsol sama-sama menjalankan CPU AMD 8 inti khusus. Namun, Xbox One X menawarkan enam teraflops performa grafis 1,4 kali lebih banyak dari pada PS4 Pro. PS4 Pro hadir dengan GDDR5 8GB sedangkan Xbox One X memiliki 12GB GDDR5.

Dari segi penyimpanan, kedua konsol menawarkan hard drive 1TB dan memungkinkan drive USB eksternal untuk penyimpanan tambahan.

Pro PS4 memiliki pemutar Blu-ray sementara Xbox One X mampu memainkan media HDR 4K. Namun, Playstation selalu memiliki UI yang lebih baik antara keduanya, meskipun Microsoft telah meningkatkannya pada Xbox One X. Kedua konsol mendukung aplikasi streaming video seperti Netflix dan Amazon.

Desain Xbox One X
Desain Xbox One X (Foto: Bussiness Insider)

Desain Sony PS4 Pro

Desain Sony PS4 Pro (Foto: The Inquirer)

Desain

Xbox One X adalah konsol terkecil Microsoft yang memiliki ukuran 11.8×9.5×2.4 inci (29.9×24.1×6 cm). Sedangkan, PS4 Pro sedikit lebih besar dan ukurannya jauh lebih besar 12,8×11.6×2,1 inci (32.5×29.4×5.3 cm). Namun, Xbox One X (8,4 pon) memiliki berat lebih dari PS4 Pro (7,2 pon).

Dari segi port, kedua konsol menawarkan tiga port USB 3.0, SPDIF, dan koneksi Ethernet. PS4 Pro memang memiliki port untuk kamera PlayStation-nya, namun, Xbox One X memiliki fitur tambahan HDMI-in dan IR-out.
Stik kontrol Xbox One X hadir dengan baterai AA, sedangkan Sony memberikan kabel pengisian USB dengan pengontrolnya.

BACA JUGA:

Gaming Library

Microsoft memiliki game eksklusif, seperti Halo, Gears of War dan seri Forza yang indah. Sony, di sisi lain, memiliki game, seperti Uncharted, dan The Last of Us. Sony selalu memiliki judul yang lebih baik di setiap game-nya dan meskipun Microsoft telah meningkatkan permainannya, mereka masih kalah. Namun, akan menarik untuk melihat bagaimana dukungan 4K untuk game di Xbox One X bekerja untuk Microsoft.

Harga

Xbox One X diluncurkan secara resmi di India pada tanggal 15 Januari lalu. Microsoft telah membanderolnya dengan harga Rp 8.100.000 dan juga tersedia di situs e-commerce, seperti Amazon dan Flipkart. Sementara itu, Sony PS4 Pro dijual dengan harga Rp 5.500.000 dan telah dipasarkan jauh sebelum Xbox diluncurkan.

Mana yang harus kamu beli?

Kedua konsol memiliki keunggulan dan kekurangan yang sama-sama saling melengkapi. Tergantung pada judul game eksklusif yang tersedia pada keduanya, dan jika Anda benar-benar mencari game tersebut atau tidak. Namun, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, keputusan tersebut tidak pernah mudah. Memilih yang paling ‘nyaman’ dengan kantong Anda, atau memilih kualitas grafis yang baru ditawarkan, semua ada di tangan Anda.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait game atau informasi teknologi lain di Teknonisme.

tambah followers instagram,jualan instagram,gramcaster

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *