Inilah Langkah Membuka Smartphone Anda dengan E-KTP

Teknonisme.com – Saat ini smartphone adalah suatu hal yang sangat penting bagi kita, karena di dalamnya terdapat hal-hal yang penting, seperti berkas pekerjaan atapun data-data pribadi milik kita. Tentu kita tidak ingin smartphone kita jatuh pada gengaman  atau diretas orang lain. Hal ini akan menjadi suatu hal yang sangat berbahaya.

Oleh karena itu, perusahaan smartphone berlomba-lomba menjadikan produknya yang paling aman untuk penggunanya, dengan menghadirkan kata sandi, pola, sidik jari, hingga pengenal wajah dan iris mata untuk keamanan ponsel penggunanya.

Namun tahukah Anda bahwa ada hal lain selain yang bisa dilakukan di atas untuk membuka smartphone? Salah satunya adalah menggunakan E-KTP. Selain digunakan sebagai identitas kita sebagai Warga Negara Indonesia, ternyata E-KTP bisa juga digunakan untuk membuka smartphone kita.

Namun dengan catatan, minimal smartphone Anda telah menggunakan Android versi Lolipop dan memiliki teknologi NFC (Near Field Communication). NFC adalah teknologi yang memungkinkan dua perangkat untuk saling berkomunikasi dengan cara menempelkan atau mendekatkan keduanya.

BACA JUGA:

Inilah Langkah Membuka Smartphone dengan E-KTP

Jika NFC kamu telah siap, maka langkah selanjutnya adalah masuk pada menu setting, Security – Smart Lock. Jika Smart Lock belum aktif, silakan aktifkan dari Settings – Security – Trusted Agents.

Fitur NFC pada dasarnya memang sudah tersedia pada smartphone Android versi Lollipop ke atas. Namun, beberapa perusahaan smartphone menghapus fitur ini dan menggantinya menggunakan locksreen andalan mereka sendiri.

Jika di smartphone Anda ada menu Smart Lock, maka selanjutnya kamu tinggal pilih menu Trusted Devices. Pada tampilan selanjutnya, silakan pilih NFC di opsi Trusted Devices, lalu tempelkan E-KTP ke NFC.

Jika sukses terbaca, maka akan muncul perintah untuk menamai perangkat NFC yang Anda daftarkan tadi. Di sini Anda bisa menamaninya sesuka hati. Itulah langkah-langkah membuka kunci smartphone Anda menggunakan E-KTP.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait inovasi teknologi atau informasi teknologi lainnnya di Teknonisme.

tambah followers instagram,jualan instagram,gramcaster

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *