Marak Penipuan Lowongan Kerja Online, begini ciri-cirinya

Teknonisme.com – Teknologi informasi yang kian pesat memang memudahkan para pencari kerja untuk mengadu nasib mencari lowongan kerja online, namun ternyata tumbuhnya peluang cari kerja online itu berbanding lurus juga dengan tingkat kejahatan penipuannya.

Tidak jarang ditemui kisah kejahatan ini di kota-kota besar, dimana banyak yang rugi waktu, tenaga, hingga materi karena penipuan yang terjadi. Lantas bagaimana ciri-ciri penipuan lowongan kerja (job vacancy) online ini?

Ciri-ciri penipuan kerja online

1. Perekrutan yang Berbayar
Perekrutan berbayar ini mengharuskan Anda untuk membayar biaya dengan alasan apapun selama proses rekrutmen berlangsung. Normalnya rekrutmen karyawan yang benar adalah tanpa bayaran.

Logika sederhananya begini: perusahaan membutuhkan karyawan, karyawan membutuhkan uang (gaji), lantas darimana asal pikirannya perusahaan menarik retribusi di awal bagi calon karyawan? bisa-bisa kabur duluan sebelum melamar. Karena itu hati-hati jika anda disyaratkan membayar sesuatu terlebih dahulu dengan iming-iming akan di rekrut.

2. Pelanggaran Hak Privacy
Ada juga tipe penipuan yang meminta Data Pribadi tanpa Undangan Wawancara seperti meminta detil pribadi Anda seperti akun bank, nomor KTP dan alamat rumah tanpa didahului oleh undangan wawancara. Permintaan data privat ini normalnya terjadi saat selesai atau sebelum wawancara di lokasi atau kantor kerja.

3. Diterima tanpa proses wawancara
Anda patut curiga apabila ada perusahaan yang tiba-tiba menghubungi anda, bahkan ketika anda merasa tidak pernah melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Saat menghubungi anda, mereka akan berusaha meyakinkan anda bahwa anda telah aman diterima di perusahaan mereka, sehingga anda terperdaya untuk memberikan data privacy atau sejumlah uang kepada mereka.

4. Gaji yang terlalu tinggi dan deskripsi pekerjaan yang rancu atau tidak jelas
Normalnya perusahaan yang benar mencari karyawan akan mencantumkan deskripsi pekerjaan dengan jelas dan tidak dalam batas grey area sehingga calon pekerja bisa menentukan pantas atau tidaknya mereka melamar.

Selain itu hati-hati dengan penawaran gaji yang jumlahnya diatas rata-rata kewajaran profesi tersebut. misalnya profesi resepsionis yang normalnya UMR – 2x UMR, malah bisa ditawarkan 10x nya.

5. Data digital perusahaan yang mencurigakan
Perusahaan yang normal dan bonafid, minimal memiliki website yang dipaparkan dalam laman pencarian kerjanya, atau minimal alamat emailnya bukan gmail melainkan email korporasi seperti [email protected]

Tips hindari penipuan lapangan pekerjaan online

Menghindari penipuan lapangan pekerjaan online itu tidak sulit, namun perlu sedikit ketelitian agar tidak terjebak:

  1. Googling! langkah awal yang bisa dilakukan adalah Googling perusahaan tersebut dan track recordnya di mesin pencari, anda akan menemukan beragam testimoni dari orang lain.
  2. Jaga selalu data privasi anda, jaga data privasi anda agar tidak dengan mudah digondol orang lain, sembunyikan kontak-kontak personal anda sehingga tidak mudah dihubungi penipu.
  3. Ketika ditelepon oleh penipu, usahakan jangan mengucapkan nama atau keterangan pribadi yang benar terlebih dahulu, coba tipu balik mereka dengan mengatakan keterangan yang keliru.

Demikian ciri-ciri penipuan kerja online dan bagaimana cara mencegah diri sendiri dari terjebak penipuan kerja online tersebut. Selamat berakhir pekan!

phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *