Cara Lacak iPhone yang Hilang atau Dicuri

Teknonisme.com – Handphone dewasa ini menjadi aksesoris wajib bagi kita semua, tidak pelak handphone bukan lagi sekedar alat komunikasi, melainkan juga media identitas diri dimana kita dapat menyimpan data-data terkait diri.

Masalah akan mulai muncul ketika handphone yang telah jadi bagian dari identitas diri itu berpindah tangan kepada pihak yang tidak berhak, entah itu hilang atau dicuri.

Bagi anda pengguna iPhone tentu bukanlah hal yang masalah karena Apple sebagai produsen iPhone telah menanamkan beberapa fitur yang mempermudah kita menemukan si iPhone kesayangan, namun ternyata masih banyak yang belum sadar dan mengaktifkan fitur berguna ini.

Cari iPhone dengan fitur Find My iPhone

Sebelum menikmati fitur pencarian iPhone yang hilang, jangan lupa Aktifkan Fitur Find my iPhone terlebih dahulu, caranya:

  1. Klik Menu Settings pada iPhonemu (dengan icon gear abu-abu).
  2. Klik pada Profile dengan tulisan Namamu, diikuti deskripsi dibawahnya tulisan: “Apple ID, iCloud, iTunes & App Store” (Seperti terlihat pada gambar paling kiri dibawah)

    settings,iphone
    Setting Menu iPhone
  3. Setelah itu klik iCloud (seperti gambar bagian tengah di atas).
  4. Scroll kebawah dan Klik menu “Find My iPhone”
  5. Klik hingga hijau pada “Find My iPhone”
  6. Lalu jangan lupa juga aktifkan “Send Last Location” untuk mengaktifkan fitur pengiriman data terakhir sebelum iPhone anda mati.

Sampai sini sudah aman karena data-data lokasi iPhone anda sudah terekam dengan baik. Lantas bagaimana cara mencari iPhone jika bencana hilang atau dicuri itu terjadi?

  1. Jangan panik! 🙂
  2. Jika anda memliki iPhone atau iPad lain, anda bisa langsung masuk ke aplikasi “Find My iPhone”
  3. Namun jika anda tidak memiliki akses ke device Apple lainnya, maka anda bisa langsung menuju https://www.icloud.com/
  4. Masuk dan login menggunakan email dan password anda.
  5. Setelah login, klik menu “Find My iPhone” atau langsung menuju https://www.icloud.com/find
  6. Pastikan device milik anda yang mana yang ingin anda lacak. Anda dapat memilih fitur “Play Sound”, “Lock”, atau “Erase”

    icloud.com,find my iphone
    Find My iPhone Interface

Masih bingung antara fitur Play Sound, Lock, atau Erase? sebenarnya sesuai kebutuhan anda, apakah:

  • Anda masih yakin iPhone anda masih berada dekat dengan anda, misalnya ketinggalan di mobil atau dibawah bantal? maka fitur “Play Sound” akan sangat membantu, karena hanya akan mengirim suara notifikasi yang keras dan nyaring meski iPhone anda dalam keadaan silent sekalipun.
  • Anda mulai khawatir iPhone anda berpindah tangan dan khawatir akan data-datanya? silahkan aktifkan fitur “Lock” sehingga orang yang mengakses iPhone anda tidak dapat melakukan hal apapun selain melihat pesan ajakan untuk mengembalikan iPhone anda.
  • iPhone sudah tidak dapat di selamatkan? dan yang paling penting adalah data? maka pertimbangkan untuk ikhlaskan kepergiannya, lupakan kenangan indah bersamanya, dan jangan sampai orang lain tau data-data berharga anda dengan nya (si iPhone). Klik tombol “Erase” maka data lokal di iPhone anda akan dihapus seketika.

Demikian tutorial untuk mencari iPhone yang hilang atau dicuri hingga mengamankan data personal anda jika iPhone tersebut sudah tidak dapat diselamatkan.

Patut diingat dalam hal ini, pengguna iPhone termasuk lebih beruntung daripada pengguna android, karena untuk penggunaan awam tiap-tiap pengguna gadget Apple apakah itu iPhone, iPad, iPod, iWatch (maksudnya Apple Watch :p), hingga macbook dan iMac harus mendaftar atau login dengan akun iCloud mereka, sehingga apabila pengguna sebelumnya belum logout dan data permintaan “Lock” dari fitur “Find My iPhone” maka pengguna baru yang entah menemukan (tapi tidak niat mengembalikan), mencuri, atau membeli dari hasil curian akan kesulitan mengakses iPhone tersebut, jadi iPhone itu hanya akan menjadi seonggok iPhone yang telah ternoda tanpa bisa menikmati fitur-fitur layaknya kita sudah login dengan iCloud milik kita.

phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *