Begini Portal Career Center Buatan Anak SMK di Yogyakarta

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Teknonisme.com – SMKN 3 Yogyakarta (SKAGATA), salah satu Sekolah Menengah Kejurusan Berbasis Teknik tertua di Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan bursakerjasmk.sch.id, yaitu SKAGATA CAREER CENTER. Website tersebut merupakan sebuah portal Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 3 Yogyakarta.

Portal Karir SKAGATA CAREER CENTER merupakan portal karir SMK pertama di Indonesia yang menghubungkan antara BKK SMK, perusahaan dan lulusan SMK pencari kerja pemberi lowongan yang relevan sesuai jurusan pencarí kerja. Peluncuran ini bertepatan dengan peringatan berdirinya SMKN 3 Yogyakarta ke 53.

Faiz Mudhokhi, Koordinator BKK SMKN 3 Yogyakarta mengatakan, “Portal ini merupakan inovasi baru berbasis teknologi informasi. Peran Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK, karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja. Selain itu BKK juga sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, yang merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Optimalisasi layanan BKK kepada alumni atau pencari kerja lulusan SMK menjadi salah satu latar belakang munculnya inovasi berbasis teknologi informasi ini.”

Selain itu inovasi ini muncul karena keresahan pengurus BKK dalam pelaksanaan pendaftaran dan pengelolaan data para kandidat pencari kerja yang melamar kerja melalui BKK SMKN 3 Yogyakarta.

“Selama ini, para pelamar kerja setiap melamar pekerjaan melalui BKK SMKN 3 Yogyakarta diharuskan mengisi formulir pendaftaran serta melampirkan dokumen lamaran kerja, kemudian biasanya perusahaan juga menginginkan rekap pendaftar lowongan dalam bentuk file excel sehingga pengurus BKK harus menulis ulang data formulir pencari kerja ini, kami jadi kerja dua kali. Selain itu dokumen lamaran dan formulir itu menjadi menumpuk memenuhi lemari dokumen apabila perusahaan tidak membawanya,” tambah Faiz, dalam sebuah keterangan resmi.

Melalui Portal Karir ini,  Faiz mengkaliam, semua ketidakefektifan dalam proses melamar kerja para pencari kerja berusaha diminimalisir sehingga semua pihak mendapatkan kemudahan.

Faiz menambahkan, “Dengan adanya portal karir ini, para pelamar kerja dapat melamar kerja dimana saja tanpa harus datang ke kantor BKK. Cukup dengan membuat akun dan mengisi data Curriculum Vitae dengan lengkap serta mengunggah dokumen lamaran, setiap pelamar kerja dapat melamar kerja pada lowongan yang tersedia dengan cukup satu kali klik tombol “Lamar Kerja”. Perusahaan pun dapat secara otomatis mendapatkan data Curriculum Vitae pelamar lowongannya, sekaligus melakukan seleksi secara online kepada pelamar lowongan yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan melalukan panggilan tes, serta pencari kerja juga bisa secara realtime mendapatkan informasi progress lamarannya.”

BKK dan perusahaan kini dapat dimudahkan dalam mendapatkan Kandidat serta melakukan seleksi secara online melalui portal ini.

“Dengan sekali klik, BKK, perusahaan, dan pencari kerja bisa mendapatkan keinginannya, pencari perja mudah dalam melamar kerja, perusahaan mudah mendapatkan data pelamarnya, dan BKK dapat dengan mudah mendapatkan data pelamar serta hasil rekrutmen dapat cepat kami sampaikan kepada Pihak Disnaker untuk pelaporan penempatan tenaga kerja yang rutin BKK lakukan,” harap Faiz.

Faiz menambahkan, “Penggunaan Portal “Skagata Career Center” ini juga dapat digunakan oleh BKK SMK lain, dan pasti akan lebih memudahkan semua BKK. Selain itu, portal ini juga diharapkan dapat membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berada di masing-masing daerah dalam mendapatkan calon tenaga kerja yang berasal dari SMK.”

Baca juga artikel menarik lainnya terkait Business atau informasi teknologi terkini lain di Teknonisme.

phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedang butuh pinjaman mendesak tanpa jaminan hingga 20jt?! Cek Caranya disini!