Begini Cara Mengembalikan Data di Smartphone yang Hilang

Teknonisme.com – Terkadang kita seringkali tak sengaja menghapus data di smartphone kita, bisa itu berupa file dokumen, foto, pesan, ataupun kontak telepon di smartphone.

Namun, kita seringkali khawatir dan putus asa karena data terhapus, dan kita pikir tidak bisa dikembalikan. Perlu diketahui, saat ini semua platform, baik itu iOS ataupun Android sudah memiliki teknologi yang semakin canggih. Sehingga, kita tidak perlu khawatir jika data yang penting terhapus.

Cara Mengembalikan Data yang Hilang di Smartphone

Cara mengembalikan foto, gambar, dan video

Untuk perangkat Android, Anda bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga di Play Store untuk memulihkan foto, gambar, dan video yang terhapus. Aplikasi seperti DiskDigger, dan Deleted Photo Recovery adalah yang paling sederhana untuk digunakan.

Setelah Anda menghapus data, Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk membantu memulihkan data-data yang terhapus.

Sedangkan, untuk para pengguna iOS, akan lebih dimudahkan. Sebab, platform iOS membuat penggunanya tak perlu khawatir, karena pada iOS terbaru memiliki fitur Recovery Photo di aplikasi foto miliknya, sehingga foto yang terhapus akan tetap di folder selama 30 hari.

BACA JUGA:

Jadi, jika Anda menghapus foto tak sengaja, Anda bisa mengembalikannya di folder tersebut dengan mudah. Berbeda jika Anda memang menghapus secara permanen, Anda harus memulihkan data menggunakan iCloud atau iTunes untuk memulihkannya.

Cara memulihkan kontak telepon dan pesan

Aplikasi seperti Fone Paw Android Data Recovery dan Android Data Recovery akan membantu pengguna Android untuk melacak dan memulihkan semua kontak, pesan teks, hingga foto yang hilang dari perangkat. Aplikasi tersebut bekerja dengan baik dan sederhana untuk digunakan di perangkat Android, serta tersedia di Google Play Store.

Sementara itu, iOS berusaha untuk membuat pengguna tidak bergantung pada aplikasi pihak ketiga. Jadi, jika Anda kehilangan data berupa kontak telepon atau pesan teks yang harus Anda lakukan adalah pergi ke iTunes dan klik pojok kanan atas dan kemudian klik ‘Restore Backup’.

Dengan melakukan metode tersebut, semua kontak dan pesan teks yang dicadangkan di iTunes mudah dikembalikan. Alternatif lain adalah menggunakan iCloud. Masuk ke akun iCloud Anda menggunakan ID dan kata sandi Apple Anda, lalu klik ikon untuk pesan teks.

Di sini, Anda bisa memilih semua teks yang Anda inginkan untuk dikembalikan ke telepon Anda. Selanjutnya, masuk ke pengaturan iPhone Anda dan ubah ‘Text messages’ dan klik ‘Keep on my iPhone’. Setelah Anda melakukan ini, hidupkan kembali ‘Pesan Teks’ dan klik ‘Merge’ saat muncul di layar Anda.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait tips dan trik atau informasi teknologi terkini lain di Teknonisme.

tambah followers instagram,jualan instagram,gramcaster

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *