Apa itu SAP dan SAP Business ByDesign?

Teknonisme.com – SAP (System Application and Product in data processing) adalah software atau program komputer untuk melakukan Enterprise Resources Planning (ERP). ERP sendiri adalah tools IT & manajemen yang bisa membantu perusahaan merencanakan dan melakukan kegiatan operasionalnya secara lebih terukur, efisien dan efektif.

SAP secara teknis memiliki beberapa modul aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk saling mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. modul-modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi satu dengan lain.

Modul-modul SAP

Sales & Distribution
Modul ini membantu meningkatkan efisiensi pada kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (proses sales, shipping dan billing). Modul SAP ini memastikan adanya tracking data dan proses yang terintegrasi terkait dengan penjualan hingga pengiriman atau deliverability.

Materials Management
Modul yang bertugas menjalankan proses pembelian (procurement) dan pengelolaan inventory (inventory management). Modul ini memastikan adanya akuntabilitas terhadap proses keluarnya uang perusahaan melalui pengelolaan pembelian dan gudang.

Production Planning
Modul yang sangat menolong proses perencanaan hingga kontrol daripada kegiatan produksi dan manufacturing suatu perusahaan. Setiap perencanaan produksi dicatat dengan baik hingga kontrol proses produksinya juga dipastikan berjalan dengan sempurna.

Financial Accounting
Modul yang terdiri dari standard accounting seperti cash management, general ledger, account payable, account receiveable dan konsolidasi untuk tujuan financial reporting, sehingga keuangan perusahaan lebih transparan dan audit-able. Hal ini penting agar keuangan perusahaan mudah dilaporkan untuk aspek pajak, mengingat saat ini pemerintahan Presiden Joko Widodo sedang gencar untuk menertibkan pajak.

Controlling
Modul keseluruhan kontrol terhadap akuntansi yang terdiri dari cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisa profitabilitas. Modul ini benar-benar akan membantu perusahaan agar dapat melakukan audit sendiri terhadap perusahaan hingga memberikan gambaran proyeksi terhadap keuntungan perusahaan dimasa depan.

Perusahaan SAP

SAP AG merupakan perusahaan Jerman yang berupa perusahaan perangkat lunak terbesar di Eropa. SAP didirikan pada tahun 1972 dengan nama Systemanalise und Programmentwicklung oleh 5 mantan karyawan IBM di Mannheim, Jerman. Kantor pusatnya di Walldorf, Jerman. Perusahaan ini mempekerjakan 35.873 pekerja pada tahun 2005.

Sejarah SAP dimulai pada tahun 1972, SAP didirikan oleh lima orang mantan karyawan IBM di Jerman. Visi mereka cukup tegas untuk membuat sistem software enterprise yang standard dan dapat mengintegrasikan seluruh proses bisnis secara realtime. Product pertama yang di keluarkan saat itu adalah software financial accounting R/1 (R singkatan dari “Real-time data processing”) Lalu pada tahun 1980-an sampai 1990, SAP mengeluarkan R/2 berbasis mainframe. Tahun 1999 SAP mengeluarkan R/3 yang berbasis Client-Server yang multiplatfom baik Microsoft maupun Unix.

Saat ini SAP dipakai lebih dari 12 juta user, 121.000 instalasi yang telah terinstall di 41.200 perusahaan dan lembaga pemerintahan di lebih dari 120 negara (termasuk Indonesia).

SAP Business ByDesign

SAP,SAP ByDesign, SAP Business ByDesign
Modul SAP Business ByDesign

SAP Business ByDesign adalah ERP berbasis Cloud (cloud-based ERP) yang tepat untuk perusahaan skala menengah dan/atau anak perusahaan.

SAP Business ByDesign ialah SAP ERP Solution yang berbasis Cloud dengan dukungan penuh dari SAP selama 24/7 (24 Jam 7 Hari Non Stop).

Solusi ini menjadi solusi pilihan bagi perusahaan yang memiliki budget dan waktu yang tidak terlampau besar namun membutuhkan berbagai fitur dan modul ERP handal dari SAP guna mempercepat laju perekonomian perusahaan. SAP sendiri telah terbukti dapat membuat laju perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien

SAP Business ByDesign terintegrasi dan memiliki modul yang sangat lengkap bagi perusahaan, yakni:

  1. Financial Management
  2. Human resource Management
  3. Project Management
  4. Supplier Relationship Management
  5. Supply Chain Management
  6. Customer Relationship Management
  7. Solution Extension jika anda ingin solusi lain dari SAP

Keunggulan dari SAP Business ByDesign adalah:

  1. Komprehensif dan fitur yang lengkap. Perusahaan dimungkinkan untuk mengoperasikan seluruh segi bisnis  dan terkoneksi dengan seluruh ekosistem di dalam perusahaan.
  2. Mudah digunakan. SAP Business ByDesign sangat mudah dipelajari dan digunakan oleh end user (user friendly) sehingga mempercepat masa adaptasi.
  3. Memberikan wawasan Perusahaan. SAP Business ByDesign menggunakan analytics yang terintegrasi dan dapat menghasilkan informasi secara real time  untuk pengambilan keputusan.
  4. Mudah beradaptasi dan bisa di-ekstensi untuk mengakomodasi perubahan-perubahan terkait teknis, non-teknis, atau manajemen yang terjadi di dalam perusahaan.

Dapatkan Promo SAP Business ByDesign

Kabar gembira! hanya dengan memasukkan data diri & perusahaan anda, maka anda sudah bisa mendapatkan:

  • Bundling Marketing Ekslusif dan Promo Khusus.
  • 7 f.a.q (frequently asked question) terkait bagaimana cara memilih ERP Berbasis Cloud yang benar.
  • Solution Brief dari SAP Business ByDesign untuk bisnis anda.

Untuk mendapatkan ke-3 nya, download dengan diawali memasukkan data diri dan perusahaan pada: (klik bannernya)

eclectic,SAP,SAP ByDesign,SAP Business ByDesign
Promo Eclectic SAP ByDesign

Demikian artikel terkait SAP dengan produk mereka SAP Business ByDesign. Bisnis yang dijalankan dengan serius, harus memiliki alat bantu atau program yang mumpuni juga untuk menjamin ketepatan data dan proses yang berpengaruh terhadap keputusan dalam manajemen.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedang butuh pinjaman mendesak tanpa jaminan hingga 20jt?! Cek Caranya disini!