Wednesday, 30 November 2022

Apa itu RON atau Oktan dalam Bensin BBM?

shopee,boostr,tools,shopee tools,shopee booster

RON atau Research Octane Number merupakan topik yang sedang hot di Indonesia, sejalan dengan kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) yang makin meroket, saat harga-harga kebutuhan lain juga sedang terkerek naik. Lantas apa itu RON?

Dikutip dari laman Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat, RON (research octane number) adalah angka oktan yang menjadi ukuran stabilitas bahan bakar.

Secare definisi, Research octane number atau RON sendiri merupakan angka yang digunakan untuk mengukur nilai oktan pada BBM. Nilai oktan sendiri adalah ukuran kemampuan bahan bakar untuk menahan ketukan atau knocking selama proses pembakaran kendaraan.

Semakin besar angka oktan (RON), maka proses pembakaran akan semakin baik karena stabilitas kimiawi senyawa BBM nya terjaga.

Spesifikasi Bensin RON yang ada di Indonesia

Indonesia sendiri memiliki spesifikasi RON yang berbeda dari beragam jenis BBM yang beredar, yakni:

1. Premium (RON 88)
BBM Premium yang sempat menjadi BBM jenis subsidi, memiliki nilai oktan paling rendah. BBM RON 88 cocok untuk mobil atau motor yang memiliki kompresi mesin rendah, yakni 9:1.

Rata-rata mobil yang sudah berumur (motuba), menggunakan BBM jenis ini karena terasa paling pas dengan karakter mesinnya!

2. VIVO 89 (RON 89)
VIVO memiliki bensin jenis ekonomis dengan RON 89, hebatnya, menurut banyak testimoni pada media sosial, BBM Vivo 89 ini lebih irit dan kwalitasnya dianggap lebih baik oleh netizen, dibandingkan saingannya dengan oktan lebih tinggi.

3. Pertalite (RON 90)
Pertalite memiliki oktan 90 dan tergolong paling banyak di Indonesia karena memang RON pada BBM jenis ini dianggap paling sesuai dengan kebanyak mobil yang beredar di dalam negeri.

Pertalite cocok digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 – 10:1.

4. Pertamax (RON 92)
BBM jenis Pertamax ini sangat cocok dengan kendaraan-kendaraan keluaran terbaru dan tergolong mewah dengan performa mesin yang tinggi, karena memiliki rasio kompresi 10:1 – 11:1, atau kendaraan dengan teknologi Electronics Fuel Injection (EFI).

5. V-Power (RON 95)
BBM keluaran shell ini memiliki RON lebih tinggi daripada pertamax, tidak hanya itu, menurut pabrikannya, BBM jenis ini juga mendapatkan formulasi khusus untuk meningkatkan performa mesin dan mengurangi ketukan yang tidak perlu.

6. Pertamax Turbo (RON 98)
Pertamax Turbo dikembangkan untuk kebutuhan mesin mobil berteknologi tinggi. BBM jenis ini pertama kali diluncurkan pada Agustus 2016 di arena balapan Lamborghini, Belgia. BBM RON 98 tersebut masuk Indonesia pada 2018.

Dari beragam jenis BBM dengan RON berbeda ini, anda pilih yang mana? tentu harus sesuai dengan karakter mesin dan juga kemampuan ekonomi.

Perlu jadi catatan, RON rendah tak selamanya ekonomis, karena bisa jadi bumerang kemudian hari, ketika harus servis turun mesin karena isi bensin yang tidak sesuai karakter mesin mobil kesayangan anda!


Cari Info Digital & Teknologi Lebih Banyak:

Comments

comments