8 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Ponsel Terendam Air

Teknonisme.com – Selalu ada peluang untuk merusak smartphone kita dengan air secara tidak sengaja. Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk menyelamatkan smartphone Anda agar tidak rusak ketika terendam air? Pertama-tama, jangan ikuti saran yang salah!

Jadi, berikut adalah beberapa tips sederhana yang harus Anda ikuti jika smartphone Anda terendam air.

Jangan berbohong tentang smartphone yang jatuh air ke perusahaan

Perendaman total perangkat biasanya membatalkan garansi, kecuali jika ada garansi “disengaja oksidasi” opsional telah ditambahkan. Pastikan Anda membaca semua klausul kontrak garansi Anda dengan seksama. Terkadang kondisi tertentu harus dipenuhi agar bisa mendapatkan pengembalian dana.

Jangan keringkan telepon dengan pengering rambut

Panas dari pengering rambut terlalu panas. Hal ini dapat merusak komponen elektronik yang rapuh pada perangkat. Selain itu, hindari menempatkan ponsel cerdas Anda di dekat oven panas atau di radiator.

Jangan coba memasangnya atau menekan sembarang tombol karena dapat mendorong air lebih jauh ke perangkat

Jika smartphone Anda rusak oleh air maka kami sarankan agar Anda tidak menyambungkan pengisi daya ke sana karena akan menyebabkan korsleting dan selanjutnya akan merusaknya. Seiring dengan ini juga disarankan agar Anda tidak menekan tombol apapun ke port mana pun karena akan mendorong lebih jauh ke perangkat.

BACA JUGA:

Nonaktifkan segera

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika smartphone Anda terendam air adalah mematikannya. Menggunakan smartphone basah bisa berisiko dan akan lebih banyak kerusakan pada smartphone dan mungkin berhenti bekerja sama sekali.

Usapkan dengan seksama dan kocok

Setelah mematikan smartphone, ambil saja kain yang rapi dan kering dan bersihkan dengan seksama. Kemudian, bungkus di tisu kertas atau handuk dapur untuk menyerap kelembaban sebanyak mungkin. Cabut aksesori apapun (headphone, kabel dll) dan lepaskan kartu SIM dan kartu memori apapun. Setelah itu, coba guncang smartphone dari semua sudut yang berbeda sehingga semua air ekstra terkuras habis.

Letakkan smartphone di tempat

Solusi ideal adalah menutup telepon di kotak kedap udara dengan sikat pelembab yang menyerap air, tapi tidak semua orang memiliki alat pengeringan industri yang harus ditangani sepanjang waktu.

Beras yang tidak dimasak bisa menjadi solusi pengganti, karena biji-bijian menyerap kelembaban. Namun, beras juga membuat banyak debu, yang tidak bagus untuk smartphone. Biarkan ponsel benar-benar tenggelam dalam tempat beras minimal 24-48 jam.

Jemur smartphone di bawah sinar matahari

Untuk mengeringkan perangkat Anda dapat meletakkannya di bawah sinar matahari langsung, setelah melepaskan panel belakang (jika dilepas). Ini akan membantu handset untuk benar-benar kering.

Cadangkan semua data Anda segera setelah Anda menghidupkan smartphone

Perendaman dalam cairan seringkali berakibat fatal bagi smartphone, namun dalam beberapa kasus beruntung, perangkat akan beralih kembali dan menyala seperti biasa.

Dalam hal ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencadangkan semua data Anda. Beberapa bagian perangkat berisiko berkarat dengan sangat cepat: Masa pakai smartphone akan sangat berkurang.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait tips dan trik atau informasi teknologi terkini di Teknonisme.

tambah followers instagram,jualan instagram,gramcaster

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *