5 Pengaturan Android yang Harus Segera Dirubah

Teknonisme.com –┬áMembuat beberapa perubahan pada setelan smartphone Android Anda dapat membuat perbedaan besar pada kinerjanya. Berikut adalah 5 setelan Android yang harus Anda ubah sekarang untuk mendapatkan hasil maksimal dari ponsel Anda dengan fitur penting ini, sebagaimana dikutip Gadgets Now, Kamis (15/3).

Singkirkan pintasan aplikasi baru

Jika Anda menginstal banyak aplikasi, Anda akan melihat bahwa jalan pintas (shortcut) untuk aplikasi yang baru dipasang otomatis dibuat di layar awal. Beberapa mungkin menganggap fitur ini berguna tapi bagi banyak orang, ini adalah kekacauan. Alih-alih menghapus setiap ikon secara manual, lakukan satu kali saja.

Ikuti cara ini: Buka “Google Play Store”, ketuk tiga baris di pojok kiri atas, lalu menuju ke “Settings” dan hapus centang pada kotak yang bertuliskan “Add icon to Home screen”.

Sekarang setiap kali Anda menginstal aplikasi, aplikasi akan langsung mendarat di laci aplikasi Anda.

Sembunyikan info sensitif di layar kunci

Android menawarkan kemudahan untuk memungkinkan kita mengintip isi notifikasi dari layar kunci itu sendiri.

Tapi, ini juga berarti siapa saja yang mengangkat gagang telepon Anda bisa melihat-lihat konten pribadi Anda. Untuk menyembunyikan konten sensitif dari layar kunci, masuk ke menu “Settings” dan pilih “Sound & notification.”

Kemudian ketuk ikon “Gear” di kanan atas dan konfigurasikan notifikasi ke “Sembunyikan konten pemberitahuan sensitif”. Mulai sekarang, isi notifikasi akan disembunyikan sampai Anda membuka kunci telepon.

Ada juga opsi untuk menyembunyikan notifikasi dari layar kunci sepenuhnya.

BACA JUGA:

Aktifkan Google Play Protect

Google Play Protect adalah pemindai malware real-time yang memindai setiap aplikasi yang terpasang atau akan dipasang di perangkat Anda.

Ini diaktifkan secara default namun ada satu fungsi di dalamnya saja. Buka “Setelan”, lalu pilih “Google”, ketuk “Keamanan” lalu sentuh Google Play protect.

Di sana Anda dapat menemukan dua pilihan, “Memindai perangkat untuk ancaman keamanan” dan “memperbaiki deteksi aplikasi yang membahayakan “. Pilihan pertama akan diaktifkan secara default jadi aktifkan yang kedua.

Ini akan memastikan bahwa aplikasi yang tidak dikenal yang diunduh dari luar Google Play Store akan dipindai secara otomatis untuk virus dan perangkat lunak jahat.

Jika Anda kebetulan bekerja dengan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, pertimbangkan ini fitur yang harus digunakan.

Penyimpanan Cerdas

Fitur ini membantu membersihkan ruang pada perangkat Android. Dengan mengaktifkannya, Anda dapat menghapus foto dan video yang berusia lebih dari 30 hari dan sudah dicadangkan di Google Drive Anda.

Buka ‘Setelan’ dan ketuk ‘Penyimpanan’. Di sini, Anda akan melihat opsi ‘Smart Storage’, cukup aktifkan dan selesai. Perlu diketahui bahwa fitur ini hanya tersedia di Android Nougat (7.1) dan Oreo.

Catatan: Ingatlah bahwa setelan ini mungkin tidak sama persis di semua perangkat.

Dapatkan bilah alamat Chrome ke bagian bawah

Memindahkan bilah alamat Chrome ke bagian bawah sangat masuk akal bagi pengguna dengan tangan yang lebih kecil.

Di address bar tipe krom ini: ‘chrome: // flags’ dan Anda akan dibawa ke halaman flag krom. Tekan tombol tiga titik di sudut kanan atas dan pilih ‘Find in page’.

Di bilah penelusuran, ketik ‘Rumah Chrome’. Pengalih untuk opsi harus disetel ke ‘Default’. Ketuk dan ubah ke ‘Enabled’. Pop-up akan meminta Anda untuk meluncurkan kembali peramban, namun jangan memulai ulang Chrome.

Ketuk pilihan ‘Chrome Home Android’ dan aktifkan. Sekarang, ulangi saja Chrome dengan mengetuk tombol ‘Luncurkan ulang sekarang’.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait Tips Gadget atau informasi teknologi terkini lain di Teknonisme.

tambah followers instagram,jualan instagram,gramcaster

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *