10 Tips Tentukan Berita Palsu di Internet

Teknonisme.com – Meningkatnya keberadaan berita palsu telah menjadi penyebab utama kekhawatiran banyak orang saat ini. Untuk melawan raksasa teknologi ini, Google dan Facebook hadir dengan semua langkah pentingnya untuk mencegah informasi palsu itu tersebar.

Baru-baru ini, Google menjanjikan 300 juta dolar untuk melawan berita palsu dan Facebook juga menjalankan iklan di koran dan online untuk menciptakan kesadaran akan masalah ini. Meskipun tindakan tegas orang sering menjadi mangsa berita palsu. Namun, ada beberapa tips yang tersedia, yang jika diingat, akan membantu Anda membedakan antara berita palsu dan berita asli.

Tips Membedakan Berita Palsu dan Asli

Baca berita utama dengan seksama

Berita-berita online palsu yang tersedia sering terdiri dari berita utama yang menarik. Setelah membaca berita utama seperti itu, Anda sering merasa ingin mengkliknya. Jadi, jika Anda merasa bahwa judulnya membuat beberapa klaim yang tidak biasa, bisa jadi itu adalah berita palsu.

Periksa URL

Setelah mengklik beritanya, pastikan Anda mengecek URLnya. Ambil URL palsu sebagai tanda yang mengkhawatirkan. Berbagai artikel berita palsu meniru sumber berita asli dengan membuat beberapa tweak di URL.

Cobalah cari sumber berita

Kapanpun Anda menemukan berita dan Anda merasa itu tampak mencurigakan, maka pastikan untuk menyelidiki sumbernya. Jika temuan Anda mengungkapkan bahwa ceritanya berasal dari organisasi yang tidak dikenal, buka bagian ‘Tentang’ dan baca lebih lanjut tentang media tersebut.

Periksa pemformatannya

Jika itu berita palsu, maka pasti akan ada beberapa masalah format. Banyak situs dengan berita palsu akan terdiri dari tata letak yang canggung dan kesalahan ejaan. Jadi, hati-hati untuk tanda-tanda ini.

Perhatikan baik-baik foto-fotonya

Berita palsu juga berisi beberapa gambar dan video yang dimanipulasi yang tidak nyata. Kadang-kadang, berita mungkin juga terdiri dari foto asli tetapi mereka akan keluar dari konteks isi berita itu sendiri.

BACA JUGA:

Cek tanggalnya

Berita palsu sering kali juga terdiri dari garis waktu palsu yang tidak masuk akal dengan kejadian.

Coba temukan buktinya

Selalu lebih baik untuk memeriksa sumber-sumber penulis untuk mengkonfirmasi apakah mereka akurat atau tidak. Kurangnya bukti atau ahli yang tidak disebutkan namanya dapat mengindikasikan berita palsu.

Temukan berita di laporan yang sama

Jika Anda menemukan bahwa tidak ada sumber berita lain yang meliput berita tersebut, maka ada kemungkinan bahwa itu adalah cerita palsu. Jika cerita tersebut dilaporkan oleh berbagai sumber yang Anda percayai, kemungkinan besar itu adalah berita asli atau benar.

Beberapa dari informasi itu salah

Pikirkan secara kritis tentang cerita yang Anda baca, dan hanya bagikan berita yang Anda ketahui untuk dipercaya.

Apakah ceritanya lelucon?

Terkadang berita palsu bisa sulit dibedakan dari humor atau satire. Periksa apakah sumbernya dikenal karena parodi, dan apakah detail dan alur cerita tersebut menyarankannya hanya untuk bersenang-senang.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait Tips dan Trik atau informasi teknologi terkini lain di Teknonisme.

tambah followers instagram,jualan instagram,gramcaster

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *