• Home »
  • Info IT »
  • Yang perlu Anda Ketahui tentang Fitur Searchable Public Post di Facebook

Yang perlu Anda Ketahui tentang Fitur Searchable Public Post di Facebook




Facebook merupakan media sosial yang fokus pada postingan dan berbagi informasi melalui komunitas online. Jika anda mencari postingan teman anda, yang anda lakukan biasanya adalah mencari profil teman anda dan menelusuri timeline-nya. Pencarian terhadap “public post”, biasanya dilakukan untuk Twitter. Namun, semenjak 23 Oktober 2015, BBC melaporkan bahwa semua publik post di Facebook dapat dicari (di-search).

 Alasan Facebook melakukan ini
Sebagai jejaring sosial, Facebook harus berusaha secara terus menerus agar tidak kalah dalam kompetisi dengan jejaring sosial lain, tetapi tetap menuju arah tertentu tanpa menyita waktu para pengguna Facebook.
Dalam artikel BBC dijelaskan bahwa motivasi dibalik publikasi post ini ditujukan membantu para pengguna untuk mengetahui apa yang sedang dibicarakan orang – orang di seluruh dunia, misalnya membahas topik tertentu.
Selain itu, bisa diinterpretasikan juga bahwa Facebook berusaha menjauhkan para pengguna dari kompetitor mereka (ex : Twitter) yang telah membedakan diri mereka dari Facebook dan menjadi unik.
Dampak Terhadap Pencarian Facebook
Saat anda mencari sesuatu di Facebook, anda akan diarahkan ke pstiongan teratas oleh teman anda dan grup anda. Di bawahnya akan ada daftar postingan publik teratas yang dibuat oleh orang di seluruh dunia yang telah memposting sesuatu yang relevan dengan yang sedang anda cari. Semua yang ditandai “Publik” saat membuat status atau berbagi sesuatu memiliki kemungkinan untuk muncul. Ini termasuk postingan yang anda buat sendiri.
Cara Membatasi Pencarian Publik
Jika anda merasa fitur ini malah mengganggu anda, anda dapat meminimalisirnya dengan mengklik Privacy dari menu dan memilih opsi “Friends”.
Ada cara mudah untuk meminimalisir fitur ini untuk semua postingan anda yang terdahulu. Klik ikon Privacy dan klik “See More Settings”. Kemudian pilih “Limit past posts”, lalu klik link tersebut.
Opsi ini akan secar otomatis membatasi semua postingan yang telah anda buat dan mengubahnya dari “Public” ke “Friends”. Ini merupakan cara termudah agar postingan anda yang terdahulu tidak muncul di public search . Selalu ingat untuk menandai postingan baru anda agar dapat dilihat teman anda saja.

Comments

comments