Windows 10 Microsoft Dianggap Penyebab Utama Turunnya Angka Penjualan PC Global

Saat ini Windows 10 sudah menjadi salah satu sistem operasi yang sangat dicari para pengguna komputer. Bukan hanya menawarkan sesuatu yang baru, Windows 10 juga menawarkan kemudahan dalam pengoperasiannya.

Dikutip dari beritateknologi.com, peluncuran sistem operasi Windows 10 oleh Microsoft, hal tersebut menjadi sebuah agenda besar yang dijalankan perusahaan tersebut. Mereka pun tak segan untuk memberikan (menyediakan) program update gratis bagi para pengguna Windows terdahulu ke Windows 1o.

IDC
IDC melakukan survei bahwa terjadi penurunan penjualan PC (image : libraries.mit.edu)

Hasilnya pun langsung dapat dilihat, jumlah dari pengguna Windows 10 melonjak tajam ke angka 270 juta pengguna hanya dalam jangka waktu 8 bulan saja. Walaupun begitu, program update gratis untuk Windows 10 memberikan dampak sangat buruk bagi angka penjualan PC secara global.

Menurut data dari Gartner, angka penjualan PC pda kuartal pertama 2016 pun sudah mengalami penurunan sebasar 9,6 persen. Mereka pun mencatat bahwa di tiga bulan pertama tahun 2016, sebanyak 6,58 juta unit PC berhasil dipasarkan.

Dari data yang dikumpulkan oleh IDC pun memunculkan angka penurunan yang lebih tinggi lagi. Mereka mencata kalau pada kuartal pertama tahun 2016 saja sudah terdpat penurunan angka penjualan PC sebesar 11,5 persen bila dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun 2015.

Dan penurunan ini hampir terjadi di setiap negara, yang terlabih lagi di Amerika Serikat. Data ini pun dianggap sebagai efek dari Microsoft yang memberikan kebijakan mengupgrade Windows lama ke Windows 10 secara cuma-cuma.

Para pengguna sistem operasi Windows terdahulu pun tak mau untuk membeli PC baru malahan mereka lebih memilih untuk memanfaatkan program upgrade gratis Windows mereka yang diberikan oleh pihak Microsoft.

Hal ini pun juga berdampak pada penurunan pendapatan Micrososft dari penjualan sisitem operasi Windows itu sendiri. Gargner pun memprediksi bila pada tahun ini Micrososft akan mengalami penurunan pendapatan dari Windows sebesar 7,5 persen.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *