Tutorial Overclocking Processor Laptop melalui BIOS

Salah satu cara meng overclock laptop adalah dengan mengubah pengaturan BIOS. Namun perlu diingat baik-baik. Proses overclock dapat berisiko merusak hardware laptop dan menyebabkan kerugian material lain.

Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada laptop anda.

Jika anda sudah mengerti dan tetap ingin tahu cara meng overclock processor, perhatikan langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1

Baca pengaturan yang diperbolehkan untuk processor dan motherboard anda di website pabrik pembuatnya. Dengan begini, anda akan tahu seberapa besar kapasitas dan kapabilitas CPU dan motherboard anda untuk di overclock. Lihat di forum yang berkaitan untuk informasi dan panduan yang lebih mendetail. Disarankan anda terbiasa dan paham dengan terminologi yang bersangkutan sebelum mencoba melakukan overclocking.

Langkah 2

Nyalakan laptop anda dan buka BIOS saat booting dengan cara menekan tombol F1, F3, F8 atau kombinasi dari beberapa tombol keyboard sesegera mungkin. Karena untuk tiap model dan merk laptop berbeda-beda baiknya anda mengecek di website pabriknya.

Langkah 3

Masuklah ke halaman pengaturan CPU (CPU settings). Beberapa pabrik laptop seperti HP dan Dell tidak memperbolehkan mengubah pengaturan CPU untuk melindungi hardware. Sedangkan yang memperbolehkan perubahan CPU Settings biasanya mengingatkan pengguna mengenai bahaya pengubahan tersebut. Apabila laptop anda tidak memperbolehkan perubahan, maka anda sebaiknya menggunakan cara lain.

Langkah 4

Aktifkan ‘CPU Host Clock Controller’ di halaman CPU Settings. Tingkatkan frekuensi CPU kurang lebih 5 % dan kemudian simpan perubahannya.

Langkah 5

Restart laptop anda dan cek stabilitasnya. Apabila masih stabil, ulangi proses dalam interval 3 sampai 5 % sampai anda mencapai 20%. Jika sistem operasi anda menjadi tidak stabil, segera matikan laptop anda.

Hal-hal yang diperlukan

  • Software overclocking
  • Pendingin laptop

Tips Tambahan

  • Pastikan laptop anda bersih dari debu.
  • Gunakan pendingin kipas tiap saat
  • Jangan memasang baterai saat overclocking
  • Jika laptop anda menjadi tidak stabil, langsung cabut kabel daya
  • Perhatikan peringatan yang diberikan AMD maupun Intel

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *