Tutorial Menjalankan Basic Troubleshooting pada Komputer




-Trouble-

Terkadang ketika anda sedang asyik bermain komputer tiba-tiba layar monitor anda seolah berhenti bergerak, anda tidak bisa menggerakkan mouse, aplikasi yang sedang anda buka tidak dapat ditutup atau tidak adanya suara saat anda memutar lagu?

Masalah-masalah di atas lazim dialami pengguna komputer. Oleh karena itu, jika anda mengalami hal serupa, jangan panik. Ada banyak teknik troubleshooting dasar yang mudah anda pelajari dan dipraktekkan.

-Perlu diingat-

Ada banyak penyebab masalah terjadi pada komputer anda. Apapun yang menjadi penyebab masalah komputer anda, troubleshooting merupakan proses trial and error. Bahkan pada beberapa kasus, anda mungkin butuh beberapa cara berbeda untuk mencari solusinya. Beberapa masalah mudah diperbaiki.

Bagi troubleshooter pemula, kami berikan beberapa tips, antara lain:

  • Catat langkah yang telah anda kerjakan. Dengan begini anda akan ingat apa saja yang sudah anda coba lakukan untuk memperbaiki masalah sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang percuma
  • Catat pesan error yang muncul. Ketika komputer anda memunculkan pesan error, pastikan anda menulis sebanyak mungkin informasi yang anda butuhkan. Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk menanyakan kepada orang lain yang pernah mengalami error serupa.
  • Selalu periksa kabel. Apabila anda mendapat masalah yang bersangkutan dengan suatu hardware komputer secara spesifik, misalnya monitor atau keyboard, salah satu langkah paling mudah adalah memeriksa kabel dan memastikan semuanya tersambun ke port yang seharusnya.
  • Restart komputer, ketika semua yang telah anda lakukan nampaknya tidak membawa perubahan. justru dengan me restrat komputer beberapa masalah dasar dapat diselesaikan dengan sendirinya.
  • Gunakan metode eliminasi. Maksudnya adalah mencari tahu mana saja yang salah melalui proses eliminasi. Dengan begitu anda dapat membuang semua hal yang kemungkinannya kecil hingga anda menemukan sumber masalah komputer.
img : vxpertise.net

Comments

comments