Tutorial Overclocking Router WiFi

Jika Anda ingin meng-overclock router WiFi, pertama-tama cari tahu settingan pabrikan CPU clock speed router Anda. Berbagai macam router WiFi memiliki frekuensi clock yang berbeda-beda supaya CPU dapat mempergunakannya tanpa membuat CPU mengalami overheating. Misalnya. untuk penggunaan router Linksys yang CPU clock speed-nya disetting pada kecepatan 200 MHz, Anda masih bisa meng-overclock router tersebut hingga 50MHz tanpa merusak peripheral-nya.

Langkah-langkah :

Langkah 1:

Log in ke router anda dan klik link “Administration” yang ada di sidebar. Scroll ke bawah sampai Anda temukan “SSH Daemon” dan pastikan check box “Enable at Startup” sudah dicentang.

Langkah 2:

Scroll ke bawah menuju jendela interface (tatap muka) sampai Anda menemukan “Password” dan kemudian ketikkan password Anda untuk akses SSH. Klik tombol “Save” di dekat bagian bawah jendela layar.

Langkah 3:

Buka browser dan masukkan alamat URL, “http://www.putty.org” untuk mengunduh program “PuTTY for Windows”. Klik tombol “Search”. Klik link yang bertuliskan “You can download PuTTY here.” Ikuti intruksi pada layar untuk menginstall program tersebut ke komputer Anda.

Langkah 4:

Kembali ke router Anda dan ketikkan alamat IP Anda. Pastikan “SSH” telah dipilih di bawah tipe “COnnection”. Klik tombol “Open”.

Langkah 5:

Masukkan username saat Anda login. Ketik “root” kemudian tekan “Enter”. Masukkan password ketika Anda disuruh. Gunakan password yang sudah Anda masukkan sebelumnya.

Langkah 6:

Ketikkan perintah-perintah berikut, kemudian tekan “Enter”.

nvram set clkfreq=xxx
nvram commit reboot

Pastikan Anda mengganti ketiga “x” dengan angka-angka frekuensi CPU clock untuk meng-overclock router Anda.

Frekuensi clock yang dapat digunakan, sbb : 183, 188, 197, 200, 206, 212, 216, 217, 225, 238, 240, and 250

Langkah 7:

Tunggu sampai router selesai reboot. Setelah menyala kembali. CPU akan disetting pada frekuensi clock yang telah anda tentukan sebelumnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *