Trik dan Tips di Snapchat yang Perlu Diketahui

Snapchat dapat dikatakan sebagai salah satu media sosial yang sudah populer di dunia. Ketenaran Snapchat ini tidak lepas dari fitur-fitur yang ada didalamnya, yang salah satunya adalah kemampuan ephemeral.

Salain hal itu CEO dari Snapchat, Evan Spiegel pernah mengatakan bahwa fitur Snapchat sangatlah unik dan juga anti-mainstream. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri.

snapchat
teknik menambahkan teman di Snapchat (image : sapujagat.com)

Namun, mengingat bahwa Snapchat merupakan aplikasi baru yang mana banyak pengguna dari aplikasi ini belum mengerti fitur dan kemampuan dari aplikasi ini.

Yang salah satunya adalah kmampuan untuk menyimpan konten yang telah diunggah. Yang mana pengguna beranggapan bahwa pesan Snapchat akan terhapus dalam jangka waktu tertentu.

Dikutip dari tekno.liputan6.com, data 6 trik dan tips yang perlu kita perhatikan untuk menggunakan aplikasi Snapchat.

1.Tukar kamera depan dengan belakang saat merekam

Banyak pengguna dari Snapchat yang mengira bahwa kamera hanya dapat dipakai satu arah saja saat kita merekam video, yakni kamera depn atau belakang. Akan tetapi sebenarnya pengguna dapat mengganti arah kamera ketika merekam sebuah video.

Untuk melakukannya cukuplah mudah, pengguna tinggal mengetuk layar dua kali saat merekam.

2.Buat frame dengan huruf

Pasti para pengguna Snapchat sudah dapat mengisi tulisan di sebuah snap. Yaitu tinggal memilih “T” yang ada di bagian layar ketika akan mengunggah sebuah gambar.

Tapi tahukah, cara mengubah huruf-huruf tersebut menjadi frame untuk memperkaya konten unggahan? Caranya cukup mudah, kita tinggal memilih huruf-huruf yang dirasa tepat untuk digunakan menhjadi frame, lalu memperbesar sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contohnya adlaah huruf “O” dapat kita gunakan menjadi frame bulat utuh pada gambar. Sedangkan untuk huruf “A” dapat dipakai menjadi frame segitiga utuh.

3.Atur cerita dari teman-teman terdekat

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Snapcahat akan secara otomatis akan menyusun Snapchat Stories berdasarkan alfabet setelah melewati bagian ‘Recent Updates’. Nah disini tak jarang kita ingin melihat kembali beberapa snap dari orang-orang terdekat kita.

Hal ini akan menyusahkan bila kita mempunyai banyak teman dalam daftar kontak. Belum lagi bila ada kemungkinan nama teman yang dimulai dengan huruf akhir dalam alfabet. Hal ini akan menambah kesulitan kita.

Akan tetapi dengan sedikit trik, maka hal itu mudah dilakukan. Kita hanya tinggal menambahkan huruf “A” di depan nama orang terdekat, hal ini akan membuat selalu ada diatas daftar kontak.

Caranya pun cukup sederhana, kita cukup menggeser layar kebawah serta pilihdaftar ‘My Friends’. Pilh kontak yang ingin diubah, lalu pilih lambang roda gigi dan ganti nama pengguna. Setalah tak perlu repot mencarai teman terdekat kita.

4.Gunakan emoji untuk atur daftar teman

Pada dasarnya ini sama dengan trik sebelumnya. Akan tetap ini hanya menggunakan emoji untuk mengkelompokkan dari teman ataupun seseorang yang kita ikuti.

Langkah yang harus dilakukan sama dengan sebelumnya, tapi kita harus menambahkan emoji pada depan huruf pertama kontak yang dimaksudkan. Setalah itu kontak akan dikelompokkan secara otomatis menurut emoji yang diberikan.

5.Berbagi Snap dari Discover Stories

Salah satu fitur yang menaik di Snapchat adalah Discover Stories. Dengan fitur ini kita dapat menemukan konten informatif serta menarik, yang asalnya dari IGN, National Geographic, CNN bahkan MTV.

Dengan konten yang begitu menarik tersebut, tak jarang kita ingin membagikan snap tersebut kepada orang-orang terdekat kita. Disayangkan, seolah-olah Snapchat tidak memungkin hal itu. Akan tetapi ada car untuk dapat melakukan hal tersebut.

Caranya cukup mudah kita lakukan, kita cukup menekan serta menahan konten dari Discover Stories yang dibagi. Selanjutnya konten tersebut akan berubah menjadi draft layaknya snap yang akan diunggah.

Nah dari situ kita cukup mengatur termasuk menambahkan filter, serta membaginya seperti biasa.

6.Menyimpan cerita snap pengguna

Aplikasi Snapchat dikenal dengan jejaring sosial yang menunggulkan ephemeral, yaitu konten yang diunggah akan segara terhapus. Hal ini bukan berarti konten yang telah diunggah kita tak bisa kita simpan untuk kita tonton kembali.

Kita cukup melakukan langkah-langkah yang sebenarnya simpel dan sudah disediakan di Snapchat. Kita tinggal menggeser layar kearah kanan untuk melihat daftar cerita yang sudah kita unggah pada bagian ‘My Stories’.

Lalu pilih serta buka konten tersebut. Setelahya geser layar dari bawah keatas dan kita akan menemukan jejeran ikon yang dapa kita gunakan. Pilihan penyimpanan berada pada bagian paling kanan ikon.

Selain hal tersebut, kita juga dpat melihat teman yang telah melihat unggahan itu dengan memilih ikon mata pada bagian paling kiri.

Demikianlah trik dan trips pada Snapchat, semoga dapat memudahkan kita mengguankan Snapchat. Selamat mencoba.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *