Tips Turunkan Penggunaan Data Android & iPhone

Bila kita menggunakan Android maupun iOS pasti paket data hal utama. Pada saat ini berkomunikasi tak lagi menggunakan pulsa melainkan dengan paket data, ayitu menggunakan aplikasi pesan instant maupun medsos.

peringatan data
Salah satu tips menurunkan penggunaan data adalah dengan membuat peringtan penggunaan data (image : caktekno.com)

Dikutip dari techno.okezone.com, sebagai pengguna dari Android maupun iOS mungkin konsumsi data tiap harinya bertamabah bahkan bisa disebut boros. Nah berkut ii tips untuk mengurangi konsumsi data pada Android amupun iOS:

1.Ubahlah ke WiFi

Pindahkan koneksi kita dengan WiFi, hal ini jelas akan menghemat konsumsi dari data pada saat kita browsing ataupun berselancar di dunia maya. Dengan demikian, kita perlu khawatir lagi pemakian data kita cepat terkuras.

2.Periksa Pengaturan

Menu pengaturan yang terdapat di smartphone kita memungkinkan penggunanya memeriksa aplikasi mana saja yang mengakses data. Kita juga dapat menerapkan pengaturan agar menghentikan aplikasi yang memakan banyak data.

Pada iPhone sendiri, buka menu Setting, kemudian pilih Mobile Data untuk melihat aplikasi yang diizinkan menggunakan data, matikan saja aplikasi tersebut bila kita tak menggunakannnya.

Sedangkan pada Android pilih Setting, setelahnya pilih Data Usage, kemudian buka setiap aplikasi yang diinginkan untuk kita matikan.

3.Sinkronisasikan Playlist

Bila kita pengguna dari Apple Music atapun Spotify, pastikanlah kita telah menyinkronsisasikan playlist kita ke ponsel. Sehingga, kita dapat mendengarkan musik secra offline.

4.Matikan Refresh Aplikasi Background

Bagi kita pemilik iPhone, untuk mematikan fitur refresh aplikasi background dengan cara, pilih Setting, General setelahnya matikan fitur refresh tersebut untuk keseluruhan maupun memilih aplikasi tertentu saja. Hal ini juga dapat menghemat baterai kita.

5.Pasang Peringatan Data

Kita juga dapat melihat seberapa banyak penggunaan data yang telah kita pakai pada Android maupun iOS. Untuk Android sendiri, pengguna dapat mengakses Wirelss & Networks setelahnya plih Data Usage untuk memeriksa seberapa banyak data yang digunakan.

Aktifkan Set Mobile Data Limit agar memunculkan peringatan apabila kouta kita mencapai batas yang telah ditentukan.

6.Matikan Data

Yang paling ampuh adalah mematikan atau turn off data sehingga kita sama sekali tak menggunakan data. Akan tetapi mematikan data mungkin menyulitkan kita untuk dapat membalas e-mail maupun pesan hingga kita menemukan koneksi WiFi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *