Tips Minimalisir Penggunaan Kuota Internet Untuk WhatsApp

Teknonisme.com – Aplikasi utama Facebook biasanya adalah penggerus kuota data masif, namun anak perusahaannya, WhatsApp juga tidak ketinggalan. Perusahaan olahpesan instan, yang baru-baru ini masuk ke tajuk utama aplikasi WhatsApp for Business-nya, juga menghabiskan banyak data internet.

Sementara obrolan teks hanya menguras sedikit kuota dari data internet, dan sebagian besar kuota data diambil oleh gambar dan video yang dibagikan di WhatsApp.

Syukurlah, WhatsApp menyertakan fitur di aplikasinya yang dapat digunakan orang untuk kontrol yang lebih baik terhadap jumlah data yang dikonsumsi dan dalam kondisi tertentu.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mematikan fitur yang secara otomatis mendownload konten media saat menggunakan data seluler atau Wi-Fi.

BACA JUGA:

Cara Mencegah Pengeluaran Kuota Data Internet di WhatsApp

Langkah 1: Buka aplikasi dan ketuk ikon tiga titik atau roda gigi untuk mengakses halaman Pengaturan.

Langkah 2: Di halaman Settings, ketuk ‘Data and storage usage’.

Langkah 3: Di bawah ‘Media auto-download’ tekan pada opsi ‘When using mobile data’.

Langkah 4: Di kotak dialog, ketuk jenis media yang Anda inginkan untuk diunduh otomatis oleh WhatsApp saat menggunakan data seluler.

Langkah 5: Ulangi langkah yang sama dengan pilihan ‘Saat terhubung pada Wi-Fi’ dan ‘When roaming’.

Langkah 6: Di bawah segmen ‘Setelan Panggilan’, Anda dapat mengaktifkan opsi ‘Penggunaan data rendah’. Ini akan menurunkan jumlah data yang digunakan selama panggilan WhatsApp.

Perlu diketahui bahwa kecuali pesan suara, Anda dapat mengontrol unduhan otomatis semua jenis media lain yang dibagikan di WhatsApp. Aplikasi perpesanan instan ini secara khusus menyebutkan bahwa, “Pesan suara selalu didownload secara otomatis untuk pengalaman komunikasi terbaik.”

Baca juga artikel menarik lainnya terkait WhatsApp atau informasi teknologi terkini lain di Teknonisme.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *