Tips Menjaga Kualitas Handphone Tetap Maksimal

Beberapa tips berikut dapat menjaga kualitas handphone anda. Patut dicoba.

  1. Sinyal lemah dapat menguras baterai. Ketika mencoba mengakses ke jaringan dengan sinyal yang lemah, handphone akan secara otomatis membutuhkan lebih banyak daya daripada biasanya. Bahkan, dengan meninggalkan handphone anda di area yang sinyalnya lemah atau tanpa sinyal sama sekali dapat menghabiskan daya baterai anda hanya dalam beberapa jam saja. Hal ini dapat terjadi sekalipun anda tidak menyentuh hape anda sama sekali. Untuk menjaga kualitas hape, jangan membiasakan menyimpan hape di tas yang penuh barang-barang, atau di dalam laci paling bawah. Di tempat semacam itu, hape anda kesulitan untuk mendapat sinyal.
  2. Smartphone butuh restart. biasanya para pengguna smartphone tidak mau mematikan ponsel mereka karena mereka punya banyak aplikasi semacam Facebook, Twitter atau aplikasi lain yang membuat ponsel menyala hampir tiap saat. Pada kenyataannya, smartphone yang merupakan komputer kecil juga perlu dimatikan atau direstart tiap satu atau dua hari untuk menghapus memori yang tersisa dari program atau aplikasi yang sudah tidak dijalankan, juga untuk memperbaiki glitch yang dapat menganggu performa ponsel.
  3. Smartphone, makin berumur, makin lemot. Sistem operasi, misalnya Android, didesain dan diupdate untuk disesuaikan dengan smartphone jenis terbaru, yang tentunya memiliki processor yang lebih cepat, memori yang lebih besar serta fitur-fitur lain yang lebih baik. Dengan mengupdate sistem operasi smartphone anda ke update-an terbaru, tentunya dapat menghindari keusangan atau kekunoan. Namun, perlu diingat bahwa dalam beberapa tahun saja, ponsel anda dapat kesulitan dalam mengusung sistem operasi baru atau aplikasi baru yang, tentunya, juga butuh spesifikasi sistem yang terbaru.
  4. Ingin hemat kuota? Jangan menonton video online. Bagi anda pengguna internet yang memilih jasa kuota, misalnya paket 2 GB untuk sebulan, sebaiknya hindari menonton video secara streaming. Sebagai contohnya, streaming film kualitas HD saja sudah dapat menghabiskan 700 MB data. Jika anda benar-benar butuh menonton video, tontonlah pada kualitas sedang. Selain streaming video, streaming musik dan bermain game online yang membutuhkan koneksi tanpa putus juga dapat menguras kuota anda. Untuk hal-hal seperti ini, sebaiknya anda menggunakan koneksi Wi-Fi dan menyimpan kuota internet anda untuk kebutuhan darurat.
  5. Lupakan screen protector. Ponsel layar sentuh yang terbaru sudah dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass atau bahan kuat lain yang membuatnya kebal terhadap goresan. Memang, keuntungan pelindung layar adalah mengurangi silau, tapi juga membuat layar anda kurang responsif dan kadang sulit dilihat. Pelindung layar yang tidak disarankan adalah jika dalam pemasangannya tidak tepat sehingga banyak timbul gelembung udara dan tak jarang menimbulkan bekas goresan.
  6. Phone case sudah kuno. Penggunaan phone case sepertinya sudah tidak relevan kecuali bagi pengguna yang paranoid karena smartphone keluaran terbaru memiliki body dari Kevlar, carbon fiber dan beberapa bahan keras lain yang cukup tangguh. Phone case yang dijual di pasaran mungkin menambah proteksi terhadap ponsel anda, namun sisi buruknya adalah tak jarang phone case justru menghalangi akses anda saat menggunakan tombol, port atau bagian di layar sehingga mengurangi responsifitas,
  7. Kamera ponsel tak sehebat kamera standalone. Tak seperti kamera biasa semacam kamera DSLR, kamera ponsel tidak dilengkapi lensa optical zoom. Kamera pada ponsel menggunakan digital zoom yang memperbesar pixel dan mengurangi kualitas gambar jika di zoom in. Oleh karena itu, jika anda ingin mengambil gambar close-up, sebaiknya jangan menggunakan fitur zoom in, dan lebih baik anda mendekat ke objek. Bagi anda pecinta fotografi dengan ponsel, disarankan membeli lensa add-on (tambahan) yang murah atau kecil. Dengan lensa add-on ini, anda dapat mengambil gambar wide-angle atau fish-eye tanpa mengurangi kualitas gambar.

 

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *