Tips Menggunakan Earphone yang Baik

Secara garis besar, ada dua penyebab utama kerusakan pendengaran yaitu keras suara serta lama mendengar.

Suara keras tentu dapat merusak pendengaran anda. Secara spesifik, suara yang lebih dari 85 desibel sudah termasuk suara yang berbahaya bagi telinga. Sedangkan suara yang lebih dari 120 desibel dapat menyebabkan rasa sakit. Ketika anda menggunakan earphone / earplug, suara akan masuk secara langsung ke lubang telinga. Saking dekatnya, tidak ada suara yang dapat keluar dari telinga sehingga membuat suara terdengar lebih keras. Kesalahan yang biasanya dilakukan orang adalah “membiasakan” diri mendengarkan musik keras- keras sehingga “tidak puas” jika mendengarkan musik dalam volume rendah. Hal ini jsutru yang dapat menyebabkan kerusakan pendengaran,

Lamanya anda menggunakan earphone juga meningkatkan kemungkinan kerusakan pendengaran. Mendengarkan suara 90 desibel dalam waktu singkat mungkin tidak akan merusak pendengaran anda tetapi sering mendengarkannya kemungkinan besar menyebabkan kerusakan pendengaran. faktanya, mendengarkan suara 90 desibel selama tiga jam dapat menyebabkan kerusakan sama dengan mendengarkan suara 150 desibel selama 30 detik. (suara tembakan = 150 desibel ).

Solusi

Cara terbaik untuk menghindari Kehilangan Pendengaran adalah mendengarkan musik / suara di bawah 85 dB dan menghindari penggunaan dalam waktu lama. Suara yang setingkat 85 dB antara lain vacuum cleaner, lalu lintas bising.

Praktekkan kebiasaan 60/60 : volume suara 60 % untuk 60 menit, tidak lebih, per hari. Namun, tergantung jenis earphone, 60 % bisa termasuk keras, jadi cobalah 30 % -50 %volume, yang penting jangan sampai mendengarkan menggunakan earphone terlalu lama. Atau supaya lebih aman, ketika volume suara sudah dirasa “pas”, turunkan sedikit.

Solusi yang lain menyangkut hardware, yaitu earphone itu sendiri. Anda membutuhkan earphone kualitas tinggi yang didesain untuk meminimalisasi kemungkinan Kehilangan Pendengaran.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *