Tips Memperpanjang Usia Baterai Laptop

Berikut ini tips dan strategi jangka panjang bagi para pengguna laptop yang ingin baterai laptopnya menjadi awet.

Rawatlah Selalu

Jika baterai anda dapat dilepas (removable), jangan sampai merusak kontak baterai, yaitu bagian yang menghubungkan laptop ke baterai karena apabila kontak baterai kotor atau rusak, dapat mengurangi atau menganggu aliran listrik yang akan masuk. Anda dapat membersihkan kontak dengan menggunakan sejenis kapas dan alkohol. Namun, apabila kontak sudah terlanjur rusak, anda perlu bantuan ahli.

Anda mungkin juga pernah mendengar tips untuk men charge baterai sampai 80 % saja, serta untuk tidak meninggalkan laptop anda dalam keadaan di charge tiap saat. Beberap tips ini sudah usang dan tidak berlaku untuk baterai yang digunakan hari ini. Baterai laptop modern baiknya digunakan sampai habis sebelum di charge.

Selalu jaga suhu baterai laptop tetap dingin. Gunakan cooling atau pendingin yang sesuai. Pengaturan suhu untuk menghindari overheat juga dapat dilakukan dengan membersihkan bagian dalam laptop.

Tune Up Laptop

Men-defragment hard drive anda secara berkala menyebabkan pengambilan data semakin efisien, hal ini juga berpengaruh dengan konsumsi baterai. Semakin banyak program yang tidak terpakai maka kinerja laptop akan semakin berat.

Selalu periksa data-data yang mungkin sudah tidak terpakai dan hapuslah. Apabila ada program atau aplikasi yang sudah tidak terpakai, lebih baik di uninstall saja.

Me-tune up laptop anda tidak hanya menghemat daya baterai, tetapi juga meningkatkan performa laptop.

Upgrade Baterai Anda

Pilian lainnya adalah dengan membuang hard drive secara keseluruhan dan menggantinya dengan solid-state drive (SSD). SSD menggunakan flash memory, berbeda dari versi sebelumnya yang menggunakan piringan, yagn secara otomatis meningkatkan efisiensi penggunaan energi. SSD juga menghapus masalah yang berkaitan dengan defragment yang berarti umur baterai yang makin panjang serta performa laptop yang semakin baik.

Yang tidak kalah pentingnya adalah menambahkan RAM. RAM menyimpan data sementara dalam modul flash layaknya SSD. Semakin banyak data yang dapat disimpan di RAM, semakin baik kinerja komputer.

Milikilah Backup Baterai Anda

Cara terakhir yang paling mudah bagi anda jika ingin selalu memiliki daya baterai yang cukup adalah membeli baterai ekstra, baik baterai cadangan maupun baterai eksternal. Untuk laptop yang memiliki baterai removable, baiknya penggunanya membeli baterai cadangan. Penggunaannya tinggal mengganti baterai setelah baterai yang lama habis.

Pilihan kedua yaitu baterai eksternal. Sebenarnya hampir sama dengan membeli baterai cadangan tetapi, biasanya baterai eksterneal dilengkapi adapter yang mampu berhubungan dengan berbagai model laptop, bahkan perangkat lain seperti ponsel atau tablet.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *