Tips Memilih Pelindung Layar (Screen Protector)

Anda memiliki masalah dengan layar ponsel? Mungkin saja dapat diatasi dengan pelindung layar.
Sebelum anda memilih, baiknya anda mengetahui jenis – jenis pelindung layar yang anda butuhkan. Misalnya jika anda sering menggunakan ponsel di luar ruangan atau di lingkungan yang cerah, sebaiknya anda memilih pelindung anti silau (anti-glare). Pelindung anti silau dapat mengurangi kecerahan layar saat anda di dalam ruangan. Sebaiknya anda pikirkan sesering apakah anda akan menggunakan ponsel di bawah sinar matahari, lalu anda bisa memilih antara pelindung anti silau atau pelindung standar.

1. Pelindung Layar Standar (Crystal Clear)

Pelindung layar jenis ini dibuat sebening mungkin hingga kejelasan layar ponsel anda bisa maksimal sehingga pelindung ini terlihat transparan.

Pelindung jenis ini biasanya lebih tipis dibandingkan yang lain. Permukaannya biasanya halus. Pelindung standar cocok digunakan pada ponsel touchscreen di mana para pengguna menggunakan jari mereka untuk menjelajah layar semudah mungkin.
Sayangnya, pelindung standar tidak mengurangi silau saat berhadapand dengan sinar matahari langsung dan juga kadang sidik jari akan terlihat jelas di layar ponsel.

2. Pelindung Anti Silau (Anti Glare)

Pelindung jenis ini dibuat untuk menyebar sinar matahari atau sumber sinar terang lain supaya layar anda tidak memantulkan sinar secara langsung ke mata anda.

Fungsi utama pelindung anti silau adalah memastikan layar anda dapat dilihat dan dibaca saat berada di luar. Dan sekarang ini pada pelindung anti silau jarang ditemukan sidik jari.

Sayangnya, pelindung anti sialu biasanya lebih tebal daripada yang lain dan permukaannya agak kasar, yang berarti akan lebih sulit menggunakannya pada ponsel touchscreen.

Namun, jika anda lebih sering menggunakan ponsel di luar ruangan, sebaiknya anda menggunakan pelindung jenis ini.

Selain pelindung anti silau (AG) dan pelindung standar (non AG), ada dua jenis pelindung lain yang dapat anda pilih, yaitu pelindung cermin (mirror) dan pelindung privasi.

3. Pelindung Cermin (Mirror)

Pelindung cermin dibuat untuk mengubah ponsel anda menjadi cermin ketika layarnya mati. Cocok untuk melihat rambut atau make up anda ketika anda sedang jalan- jalan. Kekurangannya adalah pelindung jenis ini dapat membuat silau dan warna – warna di layar anda menjadi tidak secerah biasanya.
Pelindung jenis ini paling cocok untuk orang – orang yang menggunakan ponsel mereka untuk kebutuhan utama, menelepon dan sms-an. Jika anda sering melihat foto atau video maka akan lebih sulit jika anda menggunakan pelindung cermin.
4. Pelindung Privasi
Pelindung Privasi dibuat agar konten di layar ponsel hanya dapat dilihat oleh orang yang menatapnya secara langsung (dari depan). Jika ponsel dimiringkan ke sudut tertentu maka layarnya menjadi tertutup / tidak kelihatan. Tujuannya adalah agar melindungi konten dari orang – orang yang suka mengintip dari balik bahu.
Pelindung jenis ini cocok untuk para pelaku bisnis yang mungkin menulis atau membaca pesan yang bersifat rahasia.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *