Tips Melindungi dan Memperkuat Password anda

Anda pernah merasa akun anda dibobol pencuri password? Atau ada teman anda yang iseng – iseng menggunakan akun anda untuk menjahili anda karena ia sudah mengetahui password anda? Beberapa masalah mengenai password kemungkinan besar disebabkan password yang terlalu lemah.

Dalam beberapa situs telah disarankan saat pembuatan akun bahwa passowrd minimal beberapa huruf dan merupakan campuran huruf dan angka. Selain itu ada juga yang melarang menggunakan kata dari kamus.

Tapi apakah itu cukup?

Berikut ini beberapa tips untuk mengamankan password anda.

1. Jangan hanya menggunakan satu password.

Apabila anda memiliki lebih dari satu akun, sebaiknya menggunakan password berbeda untuk tiap akun. Hal ini untuk mencegah semua akun anda diretas oleh orang yang sama. Terlebih lagi jika salah satu akun anda sudah dibobol.

2. Buat password yang mudah diingat tetapi susah ditebak orang lain.

Hal yang mudah diingat biasanya berhubungan dengan keadaan atau pengalaman pribadi anda. Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat password yang berbentuk kode. Misalnya keadaan anda saat ini dapat dideskripsikan sebagai “Aku tinggal di Jakarta sejak SMP tahun 1998” dapat dibuat password “AtdJsSMP1998”.

Jika anda mau menambahkan simbol, maka password anda bisa menjadi lebih kuat.

3. Masukkan angka, simbol dan huruf kapital

Gabungan dari ketiganya dapat memperkuat password. Anda juga dapat menggunakan beberapa simbol untuk mengganti beberapa huruf yang mirip. Misalnya, huruf “l” diganti “1”, huruf “s” diganti “$” dan kemudian disusun menjadi kalimat yang mudah diingat.

4. Panjang password minimal 8 digit

Semakin panajng semakin bagus karena lebih sulit bagi para pembobol untuk menebak password anda. Tetapi password yang terlalu panjang bisa malah membuat anda lupa. Buatlah password yang panjang dan mudah anda ingat.

5. Jangan menggunakan kata dari kamus

Sudah banyak software yang secara khusus dapat menebak password yang menggunakan kata dari kamus. Selain itu, bahkan tanpa software pun, seorang pembobol handal dapat menebaknya.

6. Jangan menaruh catatan password anda di tempat terbuka

Terkadang orang menaruh kertas yang berisi tulisan password mereka di sekitar monitor atau komputer mereka. Ini adalah kesalahan besar karena siapapun yang mendekati komputer anda berkemungkinan besar dapat mengetahui password anda. Jika anda memang harus menulis passowrd anda dalam kertas, simpan kertas tersebut ke tempat yang jarang dibuka atau digunakan orang lain.

7. JIka perlu gunakan software password manager

Program semacam RoboForm atau LastPass memungkinkan anda membuat password berbeda untuk tiap situs anda. Anda hanya perlu mengingat password yang anda gunakan untuk mengakses program tersebut.

8. Jangan termakan “phising”

Ketika ada link yang meminta anda login atau mengubah password anda, ada kemungkinan infofrmasi tersebut justru pergi ke hacker. Untuk menghindari ini, sebaiknya anda mengetik alamat situs yang ingin anda masuki secara manual.

9. Pastikan komputer anda aman

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah lupa log out setelah main atau internetan di warnet, Jika anda menggunakan komputer di rumah, pastikan anda memilki software anti malware yang diupdate baru – baru ini.

10. Jika anda orang tua, ajari nak anda tentang privasi

Anda harus memberi pengertian bahwa memberi tahu password kepada anda merupakan pengecualian dari “jangna memberikan password anda pada siapapun.” Sebagai keluiarga harus bisa saling peracaya.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *