Tips Cermat Memilih Tempat Jual Beli Online




bisnis online, tips belanja online, tips cermat

Menjamurnya jempat jual beli online menimbulkan dampak baik dan buruk. Baik, karena semakin mudah bagi kita untuk mencari barang yang kita inginkan. Adapun dampak buruknya yaitu terkadang tidak mengetahui apakah tempat jual beli online tersebut terpercaya atau tidak. Lantas bagaimana cara mengetahui tempat jual beli online yang terpercaya? Simak tips berikut!

Perhatikan alamat webnya

Hal utama yang harus diperhatikan ketika ingin membeli barang dari secara online adalah alamat website nya. Biasanya, alamat website yang berdomain gratis menggunakan akhiran seperti blogspot.com, wordpress.com, multiply.com dan lain sebagainya, dikategorikan masyarakat sebagai alamat web yang tidak sah dan banyak terjadi kasus di dalamnya. Asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar. Bahkan ada yang menggunakan domain gratis namun tempat online tersebut aktif di media sosial yang lain, misalnya saja facebook.  Namun ada baiknya jika kamu lebih berhati-hati terhadap alamat web yang kamu tuju. Jika kamu tidak yakin dengan domainnya, coba tanyakan alamat jelas dari toko online tersebut. Umumnya, alamat jelas merupakan alamat dimana toko online tersebut beroperasi dan juga sebagai sarana bertransaksi secara offline.

Perhatikan komunikasi dengan Costumer Servicenya

Jika kamu membutuhkan informasi yang jelas mengenai barang yang kamu inginkan, cobalah hubungi adminnya. Mintalah nomor kontaknya perhatikan respon yang diberikan. Umumnya CS akan memberikan nomor kontak bahkan aplikasi chat messenger seperti Whatsapp, Yahoo Messenger, BBM, Kakao Talk, dan lainnya.

Perhatikan harga produk yang dijual

Kamu harus berhati-hati terhadap suatu produk yang dijual murah oleh suatu tempat belanja online. Biasanya dengan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan tempat lain menjadi langkah awal penipu untuk menarik perhatian konsumennya.

Perhatikan nomor rekening yang diberikannya

Tempat jual beli online yang terpercaya akan menggunakan rekening bersama dalam bertransaksi. Hal ini lebih aman dilakukan ketika ia memberikan nomor rekening dari rekening bersama.

Selain tips di atas, kamu juga harus mengecek testimoni dari tempat jual beli online tersebut. Pastikan adanya bukti transfer dan bukti pengiriman barang untuk membuatmu yakin bahwa tempat belanja online tersebut terpercaya. Semoga tips tersebut bermanfaat.

 

 

Ratih Pratisti

Ratih Pratisti

Editor, writer, traveller. Always search the answer of something that intriguing and write it down to article or another media that give knowledge to others.

More Posts Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Comments

comments