Wednesday, 22 November 2017

Tips Bertemu Klien Pertama Kali

Sebelum anda meminta orang lain untuk memperkenalkan anda dengan kontak atau klien, perlu diingat bahwa ada biaya oleh seorang penyambung / pengenal (introducer). Ini bukan hanya membicarakan biaya dalam bentuk uang tetapi juga reputasi. Karena perkenalan anda dengan klien tentunya akan mempengaruhi reputasi semua pihak yang terlibat, baik berdampak baik maupun buruk.

Akan sangat baik jika anda berteus teramg demgan klien. Tidak perlu bolak balik pembicaraan. Lakukan hal ini seolah anda sedang berbicara dengan orang yang anda percayai. Lebih baiknya jika anda tidak berpura-pura.

Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan dan lakukan saat anda melakukan meeting pertama kali dengan kontak atau klien :

  1. Segeralah merespon (membalas), minimal dalam jangka waktu 24 jam. Ini akan menunjukkan bahwa anda mengapresiasi dan mau mengadakan kontrak. Jika melebihi 24 jam, maka orang – orang akan berpikir anda tidak begitu peduli atau bahkan kepikiran untuk mengapresiasi kesempatan tersebut. Buatlah tujuan yang ingin anda capai sejelas dan sespesifik mungkin.
  2. Saat anda bertemu dengan kontak anda, datanglah lebih awal. Tidak ada alasan untuk keterlambatan karena andalah yang membutuhkan pertolongan
  3. Jelaskan hubungan anda dengan orang yang memperkenalkan anda dengan kontak yang sedang anda temui.
  4. Selalu bersikap sopan dalam perkenalan dan ingatlah bahwa meeting pertama anda dengan kontak anda membawa reputasi anda juga orang yang memperkenalkan anda. Jika anda sedang mengadakan negosiasi harga. cobalah memberikan beberapa keuntungan atau buatlah hasil negosiasi menjadi lebih “manis”

Rasa Terimakasih

Setelah anda melaksanakan meeting denga klien, tentunya anda akan menunggu kabar. Cepat atau lambat. Biasanya klienakan merespons melalui ponxel atau email. tapu jangan kesal jika email anda tidak dibalas. Anda boleh berpikir bahwa mereka meninggalkan anda karena perkenalan anda tidak bagus, tetapi anda tetap menjaga reputasi.

Comments

comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *