Tips Agar Laptop Aman dan Tidak Lelet




Tips Merawat Laptop

Komputer jinjing atau biasa disebut dangan Laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan. Bukan lagi sebuah barang mewah karena laptop dengan harga murah sudah ada dimana-mana. Seiring dengan meningkatnya penggunaan laptop tentunya akan mempengaruhi performa laptop yang kita miliki. Ada kalanya laptop yang kita gunakan terasa lelet ataupun ada virus yang ada dilaptop kita, bagaimana cara mengatasinya?

Ada banyak aspek yang mempengaruhi kinerja laptop, baik dari segi hardware, software, ataupun braindware. Mari kita bahas satu persatu tips agar laptop menjadi lebih kencang :

Cek dan Bersihkan Secara Rutin Hardware Laptop

Mengecek disini bisa dilakukan dengan cara membongkar laptop. Saya sarankan ini dilakukan oleh ahlinya saja, jika kamu tidak paham maka bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah karena memang komponen-komponen yang ada pada laptop lebih rumit daripada komponen pada komputer biasa.

Tetapi, jika kamu tidak bisa melakukan itu semua trik simplenya adalah jaga laptop kamu dalam kondisi bersih dan tidak basah. Karena biasanya, laptop menjadi rusak karena hardwarenya kotor kemasukan debu dan kotoran. Dan juga jika laptop kamu basah ataupun lembab juga akan mempengaruhi kinerja laptop, karena ini adalah barang elektronik yang akan rusak jika basah ataupun lembab.

Bersihkan Software 

Bersihkan disini bisa dilakukan dengan banyak cara, misalkan dengan mendownload dan menginstall aplikasi-aplikasi pembersih seperti Advanced System Care dengan aplikasi ini kita bisa memperbaiki registry windows yang rusak karena terlau sering digunakan, menghapus file-file yang tidak beguna (junk file), ataupun membersihkan malware yang berbahaya.

Selain menginstall aplikasi tersebut, kita juga memerlukan antivirus untuk menjaga kekebalan software dari virus yang tidak diinginkan. Saya menyarakan untuk memakai 2 jenis antivirus, 1 antivirus luar seperti Avira, Kaspersky dan 1 untuk antivirus lokal seperti smadav. Karena biasanya antivirus luar kurang bisa menghapus virus-virus buatan lokal.

Guanakan serta Rawatlah dengan Baik

Nha ini salah satu yang terpenting, yaitu dari segi penggunaan. Biasanya barang cepat rusak dikarenakan penggunaanya yang kurang tepat. Pakailah laptop dengan baik, misalkan jangan terlalu sering mensleep laptop. Jika sudah tidak digunakan lebih baik di shut-down saja. Karena jika kita sleep maka komputer secara hardware masih tetap hidup, dan jika laptop dalam keadaan hidup kita masukkan kedalam tas yang pengap maka bisa membuat hardware laptop menjadi cepat rusak.

Achmad Yusron

Achmad Yusron

Mahasiswa Matematika Salah satu kampus di Yogyakarta, meskipun kuliah di Matematika ia memiliki ketertarikan serta pengetahuan yang cukup luas didunia teknologi dan informasi.

More Posts Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle Plus

Comments

comments