Tilt Brush, Aplikasi Baru Milik Google yang Memungkinkan Menggambar Di Dunia VR

Teknologi virtual reality pada saat ini menjadi sebuah magnet yang menarik perhatian banyak kalangan. Hal ini dikarenakan teknologi tersbut berada di bidang hiburan.

Selama ini berdar, kebanyakan orang hanya mengenal VR sebagai aplikasi ataupun software gaming saja. Akan tetapi sebenarnya virtual reality tak hanya sebatas pada game saja.

Google Cardboard
Google Cardboard merupakan virtual Reality besutan Google (image : slashgear.com)

Dikutip dari beritateknologi.com, bahkan pada saat ini virtual reality sudah menjadi pemandu turis pada tempat wiasat tertentu, serta sebagai saran pembelajaran yang memberikan pengatahuan tentang berbagi hal, sebagai contohnya aplikasi Titan of Space yang akan mengenalkan kita tentang tata surya.

Hal itu juga mendapat dukungan dari Google yang pada kali ini tak merilis aplikasi game VR, melainkan sebuah aplikasi yang memungkinkan kita sebagai pengguna menggambar di dunia virtual.

Aplikasi yang di beri nama Tilt Brush, yang diluncurkan oleh pihak Google bagi kita yang gemar akan dunia seni sekaligus tertarik pada dunia virtual reality. Dalam software ini juga mendukung kita untuk menggambar secara 3D di dunia virtual reality.

Tentu hasil akan membuat kagum, karena semua imajinasi kita dapat kita tuangkan secara penuh di sini. Google sendiri telah mempunyai headset VR yang disebut Google Cardboard, yang terdiri atas kardus, smartphone dan juga dua lensa.

Meski dibuat oleh pihak Google, Tilt Brush ini tak mendukung Google Cardboard, akan tetapi sebaliknya aplikasi ini mendukung platform gaming Steam, yang mendukung headset VR HTC Vive.

Dengan apliaksi Tilt Brush, kitaa kan diajak mengelilingi sebuah dunia virtual yang mana kita juga dapat menciptakan sebuah karya seni melalui bermacam kuas yang telah disediakan. Kuas tersebut dapat kita akses, dikendalikan menggunakan controler yang berbasis gerakan pada headset HTC Vive.

Agar dapat melukis, kanvas yang kita gunakan sebenarnya adalah ruangan tempat kita berada. Kita dapat melangkah maju mundur, maupun melangkah sesuka kita dengan memasuki dimensi lukisan virtual yang kita ciptakan sendiri.

Karena ini adalah dunia vitual yang tak nyata, maka kita dapat melukis dengan material yang tak biasa pula, seperti halnya lahar panas, bintang, slaju dan masih banyak lagi.

Dengan keseruan yang kita buat sendiri, maka Google hanya membrandol aplikasi Tilt Brush ini seharga $30 (sekitar Rp 400 ribu) di Steam.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *