Ternyata, Fitur Face ID iPhone X Bisa Diretas Pakai Masker

Teknonisme.com – iPhone X memiliki fitur Face ID di mana Fitur ini digunakan untuk membuka kunci pada ponsel mereka hanya dengan melihat iPhone X mereka.

Seperti dilaporkan Skynews, Apple berkolaborasi dengan pembuat topeng dan seniman make-up di Hollywood untuk melindungi dari kemungkinan adanya peretasan fitur Face ID milik mereka.

Namun ternyata terdapat beberapa masalah dengan fitur Face ID ini, yang prinsip kerjanya menggunakan cahaya Inframerah untuk membaca wajah pengguna saat akan membuka kunci ponsel mereka. Peneliti Cybersecurity mengklaim bahwa mereka mampu meretas fitur Face ID milik iPhone X hanya dengan topeng sederhana.

Salah satu peretas di perusahaan cybersecurity asal Vietnam bernama BKAV mengatakanfitur keamanan biometrik yang diusung oleh Apple untuk iPhone X kurang aman, dan mereka mengklaim mampu meretasnya dengan topeng yang terbuat dari masker seharga USD 150.

BACA JUGA:

BKAV dikenal sejak tahun 2016, di mana saat itu FBI membayar satu juta dolar kepada mereka untuk meretas ponsel milik tersangka kasus penembakan San Bernadino. Wakil Presiden BKAV Mr Ngo Tuan Anh mengatakan, timnya membuat topeng kombinasi pencetakan 3D dengan gambar make-up 2D, untuk meretas sistem pengenalan wajah.

“Setelah hampir 10 tahun pengembangan, pengenalan wajah dianggap tidak cukup untuk menjamin keamanan bagi komputer dan smartphone,” seperti dikatakan para periset dari BKAV, dikutip Skynews, Rabu (15/11).

Bingkai wajah topeng terbuat dari cetakan 3D dengan hidung yang dibuat oleh pihak ketiga berbahan silikon, sedangkan bagian mata merupakan cetakan 2D, juga dengan sedikit pemrosesan yang istimewa pada bagian pipi dan area wajah lainnya.

Namun tidak diketahui apakah para periset tersebut telah menonaktifkan fitur Apple Attention Aware, atau terdapat hal lain yang mungkin bisa mengecoh fitur Face ID.

Pihak Apple belum menanggapi masalah ini. Sementara itu, BKAV mengatakan bahwa sensor sidik jari iPhone X merupakan sistem keamaan biometrik yang paling aman dibanding dengan Face ID.

Baca artikel menarik lainnya tentang Gadget di Teknonisme.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *