Ternyata Android Rentan Terhadap Serangan Malware

Teknonisme.com – Di zaman serba gadget ini kita harus berhati-hati terhadap perangkat yang kita miliki. Jangan sampai terkena virus dan membuatnya menjadi rusak. Terdapat beberapa virus yang sering menyerang perangkat mobile kita, seperti malware.

Malware bukanlah hal yang baru lagi dan telah menjadi suatu ancaman untuk keamanan gadget kita. Menurut laporan terbaru Intelijen Ancaman Keamanan Nokia, platform Android milik Google sejauh ini merupakan plaftrom yang sering terkena dan menjadi target utama virus malware.

Untuk kerusakan perangkat pada tahun 2017 ini, laporan dari Intelijen Nokia menunjukan bahwa Android lebih sering terkena malware sebesar 68,8 persen dan 27,96 persen terjadi pada plafrom lain, seperti Windows/ PC, sedangkan 3,54 persen sisanya menyerang plalfrom lain, seperti Linux, Unix, Mac, dll.

BACA JUGA:

Menurut Nokia, Android begitu mudah terkena malware, karena aplikasi yang tersedia untuk Andoird dapat didapatkan dari situs web pihak ketiga yang keamanananya tidak terjamin seperti saat mengunduh di Play Store.

“Alasan utama mengapa Android menjadi perangkat yang rentan terkena malware dan virus lain adalah dikarenakan aplikasi untuk Android bisa ditemukan dan diunduh di mana saja. Terlepas dari upaya Google yang sangat sukses memastikan aplikasi di Play Store bebas dari malware. Pengguna bisa bebas mengakses berbagai aplikasi hanya dengan klik melalui website pihak ketiga, dan mulai banyaknya toko aplikasi pihak ketiga yang menjamur,” ujar Intelijen Ancaman Keamanan Nokia, dikutip Ubergizmo, Jumat (17/11).

Laporan Nokia ini nampaknya sama dengan laporan terbaru dari Google sendiri, yang ditemukan bahwa akun Google cenderung sering dibajak melalui phising.

Namun sayangnya, virus malware akan selalau ada dan siap meretas gadget kita jika tidak berhati-hati. Untuk lebih amannya pastikan ketika anda mengunduh suatu aplikasi, unduhlah dari aplikasi resmi, seperti Google Play Store ataupun App Store untuk iOS.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait Apps Development atau artikel teknologi lain di Teknonisme.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *