Sudah Tahukah Anda Berbagai Jenis Sertifikat IT?

Sertifikat memiliki peran penting untuk menunjukkan skill apa yang sudah Anda miliki. Pengambilan sertifikasi biasa dijadikan untuk pemenuhan syarat melamar suatu pekerjaan. Tak hanya itu, beberapa perusahaan pun menjalankan program sertifikasi untuk sumber daya internal perusahaannya dalam upaya peningkatan mutu. Sertifikat diperlukan di berbagai bidang, termasuk di bidang IT. Banyak sekali program sertifikat IT saat ini.

Ragam nya pun berbeda, tergantung dari profesi IT manakah yang Anda tempuh. Mulai dari bidang jaringan, IT management sampai kepada kemampuan programming. Semua sertifikasi ini digarap dan dikeluarkan oleh para vendor teknologi atau suatu organisasi. Maksudnya adalah untuk pengujian fasih tidaknya Anda dalam menggunakan tool suatu vendor untuk menunjang pekerjaan kelak.

Lantas sudah tahukah Anda apa saja program sertifikasi IT yang ada saat ini? Berikut ini berbagai sertifikasi berdasarkan vendor/organisasi yang mengeluarkannya.

1. CISCO

Ada banyak program sertifikasi dalam CISCO. Sertifikasi ini dikategorikan dalam beberapa kelompok peserta seperti entry level, associate, professional, expert, sampai kepada level architect. Inilah beberapa contoh sertifikasi yang tersedia:

  • CCENT. Sertifikasi ini memvalidasi kemampuan peserta dalam menginstall, mengoperasikan, dan troubleshooting jaringan pada perusahaan cabang. Termasuk testing dalam keamanan jaringan.
  • CCT. Sertifikasi ini mengetes peserta dalam hal mendiagnosa, restore, memperbaiki sistem jaringan yang menggunakan Cisco pada suatu perusahaan.
  • CCDA. Sertifikasi ini lebih bersifat advance. Disini peserta akan diuji pengetahuannya mengenai cara mendesain jaringan perusahaan dengan performance yang baik dan skalabel.

Untuk lebih tahu daftar lengkap dari sertifikasi Cisco, Anda dapat membukanya di http://www.cisco.com/c/en/us/training-events/training-certifications/certifications.html#~Cert.

2. Adobe

Ada 2 jenis sertifikasi Adobe, yaitu:

  • Adobe Dreamweaver Cs6. Tujuan dari sertifikasi ini yaitu untuk memvalidasi pengetahuan peserta mengenai penggunaan Adobe Dreamweaver CS6 ACE. Isi materi test mengenai pengetahuan arsitektur website, desain tata letak, koding halaman website, dan editing website dengan Dreamweaver.
  • Adobe Flash CS6 ACE. Program ini membahas dan menguji  pengetahuan peserta dalam animasi, video, serta cara deploy aplikasi berbasis flash ke production. Baik dalam platform web, desktop, maupun mobile platform. Dalam sertifikasi ini juga ada ujian mengenai penggunaan dasar dasar ActionScript 3.0

3. Oracle

Mengingat Oracle adalah perusahaan besar dengan banyak bisnis, maka tak heran jika sertifikasi yang dikeluarkannya juga sangat beragam. Sertifikasi Oracle mewadahi bermacam profesi, tidak hanya database administrator. Pada intinya sertifkasi Oracle terbagi menjadi 10 bagian utama, diantaranya :

  • Application. Menguji pengetahuan peserta dalam menggunakan aplikasi besutan Oracle untuk solusi bisnis perusahaan. Aplikasi tersebut diantaranya Demantra, E-Business Suite, Endeca, Hyperion, Oracle Commerce, People Soft, dan Primavera.
  • Cloud. Sertifikasi dalam penggunaan Oracle Cloud. Program yang dibahas dalam sertifikasi ini diantaranya Java Cloud, Oracle Customer Experience, Oracle Database Cloud, Oracle ERP Cloud, Oracle Human Capital Management Cloud, Oracle Supply Chain Managemen Cloud.
  • Database. Dari namanya sudah kita ketahui, sertifikasi ini adalah validasi skill peserta dalam produk database milik Oracle. Beberapa item tersebut diantaranya MySQL, Oracle Database (Oracle 11g dan Oracle 12c), Database Application Development (membahas Express, SQL, PL/SQL dan MySQL untuk Developer)
  • Enterprise Management. Sertifikasi ini menguji pengetahuan peserta dalam menggunakan produk IT Management milik Oracle.
  • Foundation. Ditujukan untuk para arsitek IT dalam menentukan solusi dalam lingkungan bisnis dan manajemen proyek.
  • Industries. Disini peserta diuji bagaimana cara implementasi produk Oracle untuk berbagai industri dan menyiapkan karir peserta dalam bidang yang lebih spesifik. Bidang tersebut diantaranya  layanan finansial, kesehatan, pajak, retail, komunikasi, dan asuransi
  • Java dan Middleware. Ini adalah sertifikasi peserta mengenai pengetahuan menggunakan Java, Oracle Fusion Middleware. Bidang pembahasan yang tersedia meliputi Business Inteliigent, Identity Management, Application Server, dan Oracle Cloud.
  • Operating System. Sertifikasi ini memvalidasi pengetahuan peserta dalam mengoperasikan sistem operasi milik Oracle seperti Oracle Linux dan Oracle Solaris beserta teknik clustering.
  • Systems.  Sertifikasi ini meliputi bagaimana manajemen sistem untuk mensupport aplikasi berbasis Oracle. Bidang pembahasan diantaranya manajemen server dan storage.
  • Virtualization. Adalah testing mengenai pengembangan skill dalam pengintegrasian teknologi virtualisasi dalam industri. Mulai dari desktop sampai data center.

4. Pentaho

Pentaho adalah tool dalam bidang analitik data yang populer. Jelas saja, sertifikasi Pentaho menguji dan memvalidasi kemampuan peserta dalam menggunakan Pentaho. Lingkup pengujian diantaranya menggambarkan apa itu Pentaho beserta penggunaannya, cara install, mengolah laporan, membuat model sampai kepada integrasi data dan administrasi.

5. Red Hat

Program dari Red Hat adalah menguji kemahiran peserta dalam menggunakan sistem operasi Red Hat. Target peserta dari ujian ini adalah system administrator sampai kepada enterprise developer. Berikut ini beberapa program sertifikasi milik Red Hat :

  • Red Hat Certified System Administrator (RHCSA). Sertifikasi ini bertujuan memvalidasi skill peserta  dalam sistem administrasi pada lingkungan Red Hat Enterprise Linux.
  • Red Hat Certified Engineer (RHCE). Sertifikasi ini menguji peserta pengguna Red Hat yang sudah senior. Tes meliputi tambahan skill, pengetahuan dan kemampuan yang dipunyai senior system administrator pada lingkungan Red Hat Enterprise Linux.
  • Red Hat Certified Architect (RHCA). Sertifikasi ini menguji skill peserta mengenai Red Hat Enterprise Linux dan teknologi Red Hat lainnya.
  • Red Hat Certified Virtualization Administrator (RHCVA). Sertifikasi ini membahas dan menguji skill peserta dalam hal virtualisasi. Isi materi mengenai bagaimana deployment dan management infrastruktur untuk virtualisasi menggunakan teknologi Red Hat Enterprise Virtualization.

Penasaran dengan daftar lengkapnya? Anda dapat mengeceknya di https://www.redhat.com/en/services/all-certifications-exams.

6. ZEND

Program sertifikasi ini untuk memvalidasi dan menguji kemampuan peserta dalam penggunaan teknologi Zend. Terdapat 3 item pilihan sertifikasi diantaranya

  • Zend PHP Certification. Sertifikasi di bidang koding dengan bahasa pemrograman PHP. Mulai dari dasar-dasar koding, penggunaan fungsi, sampai kepada penggunaan dan integrasi database dalam PHP.
  • Zend Framework 2 Certification. Sertifikasi yang ditujukan untuk kalangan professional dalam penggunaan Zend Framework 2. Zend Framework merupakan framework enterprise yang populer dan dibuat langsung oleh organisasi pengurus PHP. Uji pengetahuan diantaranya membahas service manager, authentication,  sampai kepada web services.
  • Zend Framework 1 Certification. Sertifikasi ini membahas Zend Framework 1. Soal yang dibahas diantaranya konsep MVC, pengaturan performance, fungsi mail, infrastruktur, sampai integrasi database.

7. WordPress

Program sertifikasi WordPress muncul akibat terkenal dan banyaknya para pengguna cms ini dimana-mana. Tak hanya program sertifikasi, namun ada juga training yang diberikan. Tujuannya adalah untuk memberi pengetahuan dan memvalidasi pengetahuan peserta dalam scaling WordPress hingga dapat menghandle jutaan pengguna. Para peserta tersertifikasi juga mendapat kesempatan menjadi tim inti dalam pengembangan WordPress.

8. VMware

Salah satu vendor tool virtualisasi ini mengeluarkan beberapa program sertifikasi yang ditujukan untuk para professional IT. Terdapat 3 program sertifikasi diantaranya :

  • VPCp6-CMA. Program ini menguji pengetahuan peserta mengenai cloud management dan automation seperti misalnya menginstall dan mengkonfigurasi teknolgo vRealize Suite Components milik VMware.
  • VPC6-NV. Program ini menguji pengetahuan peserta mengenai virtualisasi pada jaringan. Adapun beberapa materi diantaranya menggambarkan infrastruktur fisik VMware NXS dan troubleshooting virtualisasi VMware.
  • VCP6-DTM. Program ini memvalidasi pengetahuan peserta mengenai desktop dan mobility. Contoh topik pembahasan misalnya bagaimana cara install, mengkonfigurasi VMware Mirage.

Ternyata banyak jenis dari sertifikat IT yang perlu Anda ketahui. Setiap sertifikat tentu saja memiliki maksud dan tujuan yang berbeda, tergantung dari profesi IT yang Anda jalani.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *