Smartphone hilang? Cari saja dengan SmartWatch

Smartphone memang telah menjadi magnet bagi banyak orang, smartphone sudah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan lagi. Kepopuleran ini juga memicu tingkat pencurian yang semakin meningkat. Hampir tiap hari kita menemukan berita pencurian ponsel, entah di pasar, di jalan, atau dimanapun.

Tetapi, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih kita dapat menemukan apapun bahkan ponsel yang hilang dengan memanfaatkan fitur Global Positioning System atau biasa disingkat dengan GPS. GPS memang menjadi fitur “wajib” bagi smartphone. Fitur GPS ini juga telah dibenamkan di SmartWatch yang bisa digunakan sebagai alat pelacak jika smartphone kita telah dicuri.

Jika di iOS Apple ada aplikasi find my phone sedangkan di Google ada fitur Android Device Manager yang memungkinkan kita untuk melacak keberadaan ponsel ataupun tablet yang hilang. Fitur ini sekarang sudah dibenamkan Google di OS Android Wear, sistem Android yang bekerja di Smartwatch. Dengan dibenamkan aplikasi ini, kita bisa melacak smartphone kita dengan menggunakan jam tangan pintar. Mirip yang ada difilm-film.

Seperti dikutip dari OkeZone, bahwa fitur yang dibenamkan di Android Wear ini memiliki fitur seperti menelpon smartphone, tetapi fitur ini hanya dapat dilakukan jika smartphone kita hanya hilang ataupun terselip ditempat yang terdekat. Tetapi jika dicuri ataupun hilang ditempat yang jauh fitur ini tidak dapat digunakan.

Tetapi, kita bisa menggunakan Android Device manager versi web. Kita bisa melacak koordinat smartpone kita dengan layanan Google Mapsnya. Selain itu fitur di smartwatch ini dapat melacak smartphone hilang hanya dengan mengatakan “Ok Google, mulai cari smartphone saya!”. Setelah itu akan keluar rute perjalanan yang mengarahkan kita ke smartphone. Sangat mirip seperti yang ada di film.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *