Smartphone Android Biang Kerok Penurunan Pendapatan Microsoft?

Saat ini tengah mengalami puncak kejayaannya. Kiat lihat saja sekarang ini sudah berapa banyak sistem operasi Android digunakan? Mungkin sudah triliunan atau bahkan sudah tak terhitung lagi yang telah menggunakannya. Akan tetapi hal ini berdampak negatif pada pendapatan beberapa perusahaan.

Dikutip dari tekno.liputan6.com, saat ini perusahaan Microsoft mengalami penurunan pendapatan untuk sejumlah bisnis yang dijalankannya termasuk juga soal lisensi paten. Perusahaan itupun ‘menunjuk’ Android sebagai salah satu penyebab utamanya penurunan pendapatan perusahaannya.

paten
Samsung serta HTC adalah vendor yang melesensi hak kakayaan intelektual untuk Microsoft (image : gadgets.ndtv.com)

Dalam keterangan pihak Microsoft menjelaskan bahwa pendapatan yang bersumber dari lisensi paten turun ke angka 26 persen dari tahun lalu. Dengan banyaknya smartphone Android dengan bandrol murah yang dijual di pasaran rupanya juga berakibat negatif pada pendapatan Microsoft.

Saat ini penjualan smartphone Android dapat dikatakan berjalan dengan mulus bahkan dibilang tanpa hambatan, walaupun begitu pasar telar didominasi oleh smartphone murah yang dijual pada pasar di negara-negara berkembang seperti pada Tiongkok dan India.

“Perpaduan perangkat di pasar telah berlaih pada low-end,” kata General Manager, Investor Relation Microsoft, Chris Suh.

Menurut catatan dari Suh, tak semua manufaktur perangkat Androis saat ini mempunyai kesepakatan dengan pihak Microsoft.

Walapun ia tak menyebutkan nama, akan tetapi biasanya vendor yang berasal dari Tiongkok tak terlalu melakukan pendekatan untuk lesensi kekayaan intelektual Amerika Serikat (AS). Selain hal itu, karena saat ini ponsel murah telah mendominasi pasar, Microsoft tak dapat meraup keuntungan yang besar.

Pihak Microsoft sendiri dilaporkan telah mendpaat keuntungan US$ 2 miliar setahun berkat melisensi banyak paten dan juga kekayaan intelaktual pada sejumlah vendor perangkat Android seperti Samsung serta HTC.

Kendati tak pernah menginformasikan dengan jelas, pendapatan dari lisensi paten tersebut hanya salah satu dari sekian banyaknya sumber pundi-pundi pendapatan Microsoft. Sejauh ini bisnis Windows secara keseluruhan telah menyumbang pendapatan sekitar US$ 4,2 miliar pada kuartal ketiga tahun fiskal 2016.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *