Serunya Jelajah Planet Mars dengan Teknologi Hologram Microsoft

Pasti kita pernah bermimpi untuk pergi ke planet Mars, tapi mengingat hal itu bukanlah hal mudah bahkan bisa disebut hanya mimpi yang takkan pernah terwujud. Akan tetapi sekarang ini pergi ke planet Mars bukanlah menjadi mimpi disiang bolong lagi.

Sebab, Microsoft serta NASA telah bekerja sama untuk menciptakan sebuah ‘tur’ khusus utuk mengeksplorasi permukaan Planet Merah dalam konsep “Mixed Reality”.

Hololens
Bentuk dari HoloLens besutan Microsoft (image : microsoft.com)

Dikutip dari tekno.liputan6.com, teknologi tersebut bernama “Destination: Mars”, alat ini diperlihatkan ke publik di Kennedy Space Center Visitor Complex kepunyaan dari NASA, California, mulai musim panas 2016.

Yang mana tur tersebut juga akan dihadiri oleh Dr. Buzz Aldrin, astronot senior yang mana sempat menginjakkan kakinya di Bulan dan juga akan dipandu oleh pengemudi Rover Coriosity, Erisa Hines.

Mereka berdua akan menemani para pengunjung dalam serangkaian presentasi menarik yang diperlihatkan di Planet Mars dengan balutan layar hologram.

Diungkapkan bahwa tur ini diperkuat dengan perangkat lunak On Sight, yang telah dikembangkan secara khusus oleh Jet Propulsion Laboratory (JPL) milik pihak NASA bersama Microsoft. Dengan perangkat lunak tersebut, para ilmuan dapat menciptakan pengalaman untuk mengeksplorasi Planet Merah lebih intuitif serta realistis dengan simulasi 3D.

Walaupun menggunakan teknologi hologram, dapat dibilang bahwa tur tersebut masuk ke ruang lingkup Virtual Reality, yang pada saat ini sedang berkembang pesat serta akan digunakan untuk keperluan eksplorasi luar angkasa.

Sebelumnya, astronot Scott Kelly telah menjajal kemampuan dari perangkat Virtual Reality Headset besutan dari Microsoft, yaitu HoloLens. Kelly serta kedua rekannya, kosmonot asal Rusia Mikhail Kernieko serta Sergey Volkov, bermain gim yang mengharuskan mereka melawan alien.

Walaupun hanya sebatas permainana virtual, tapi keptiganya memperlihatkan ekspresi seru saat menggunakan HoloLens ini.

Perangkat ini tidak seprti VR headset lainnya, HoloLens mempunyai teknologi Augmented Reality yang dapat menciptakan layar virtual pada lingkungan asli di sekeliling penggunanya. Hal ini menjadi salah satu keunikan tersendiri HoloLens yang dapat manarik para gamer.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *