Sebelum Memilih Ponsel, Konsumen Umumnya Memiliki 8 Pertimbangan




tips1

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, maka banyak bermunculan berbagai jenis smartphone untuk mendukung gaya hidup masyarakat modern. Bahkan hampir tiap kwartal beberapa perusahaan teknologi merilis ponsel tebarunya.

Dikutip dari tekno.liputan6.com, banyaknya merk ponsel yang beredar hal ini membuat kita bingung untuk memilihnya. Bila konsumen pria umumnya lebih mengutamakan spesifikasi, berbeda dengan konsumen wanita yang lebih mempertimbangkan kamera.

merk

Sekarang ini banyak merk smartphone yang beredar dipasaran (image : gyhk.com)

Lebih dari itu, masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi konsumen dalam memilih sebuah smartphone. Nah berikut ini 8 faktor yang menjadi dasar pertimbangan para konsumen sebelum memilih smartphone.

1.Merk atau brand

Tak dipungkiri lagi kalau merk menjadi pertimbangan utama dari konsumen untuk memilih ponsel. Global brand masih menjadi acuan sebelum melirik local brand.

 Seiring dengan gebrakan yang dilakukukan oleh local brand untuk menyematkan teknologi canggih dengan harga yang sangat terjangkau membuat ponsel besutan local brand mulai medapatkan tempat dihati para konsumen.

2.Kamera

Kamera menjadi pertimbanagn setelah merk, ponsel saat harus tersemat kamera uang berkualitas serta megapiksel yang besar. Ponsel yang kemera utama beresolusi 2 maupun 5MP, kini mulai tersisih seiring dengan munculnya kamera 8MP serta 13MP. Begitu pula dengan kamera sekunder yang masih beresolusi VGA mungkin sudah dibilang kuno.

3.Performa

Smartphone bukan hanya untuk media komunikasi maupun dokumentasi, tapi juga untuk bermain serta  menonton. Pada dasarnya para konsumen akan memastikan dulu bahwa smartphone yang akan dibeli mempuni untuk mulititasking. Lancar untuk menjalankan beberapa fitur, browsing, bermain game, sampai dengan streaming.

4.RAM, Prosesor, serta OS

Sekarang ini sudah banyak konsumen yang telah melek teknologi, sadar akan kapasitas RAM akan mempengaruhi kinerjaponsel maka RAM kecil mulai ditinggalkan. RAM dengan kapasitas 1,5 sampai 2GB kini menjadi favorit karena kapasitas ini cukup besar sehingga akan mempercepat kinerja ponsel.

OS terbaru akan menjadi pertimbangan untuk memilih ponsel tersebut. Bila OS yang telah lawas akan dirasa kurang up to date. Begitu pula dengan prosesor, beberapa tahun lalu dual core menjadi idola, saat ini ponsel terbaru mulai mengadopsi quad core, hexa core sampai octa core.

5.Kapasitas Memori

Memori internal menjadi pertimbangan yang selanjutnya, dengan banyaknya fitur serta aplikasi smartphone maka dibutuhkan pula daya tampung yang besar untuk penyimpanan di memori. Produk ponsel terbaru umumnya telah menyematkan memori mulai dari 8GB.

Selain itu juga konsumen akan memilih ponsel yang punya slot microSD agar dapat menyimpan file-file yang banyak dengan rapi.

6.Ukuran layar

Terkadang konsumen mengutamakan kepraktisan, maka tak heran bila ukuran layar yang sedang marak di pasaran adalah 5 inci. Dengan ukuran tersbeut diras pas dalam genggaman serta mudah untuk dibawa kemana saja dan mudah untuk dimaksukkan dalam tas ataupun saku.

7.Kapasitas Baterai

Dengan didukung kapasitas baterei maka akan sangat membantu segala aktivitas kita dengan smartphone. Apalagi banyak aplikasi serta aktivitas media sosial yang perlu online serta update setiap waktunya.

Bagitu pentingnya kapasitas baterai, bahkan sampai ada perusahaan elektronil yang menghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai 5800mAh. Dengan kapasitas dua kali lipat dibandingkan dengan ponsel lainnya diharapkan membuat semua aktivitas bersama smartphone makin lama.

8.Teknologi baru

Teknologi baru semisal 4GLTE serta fingerprint sensor. Dengan 4G LTE akan membuat kita dapat mengakses data lebih cepat daripada 3G. Begitu pula dengan fingerprint sensor, membuat lebih cepat dalam mengakses fitur serta untuk proteksi data dalam smartphone.

Itulah 8 faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih smartphone. Menurut anda, faktor apalagi yang menjadi pertimbangan dalam memilih smartphone untuk dibeli?

 

Comments

comments