Samsung Menjadi Produsen Smartphone Terbesar Didunia




Logo Samsung

Peta persaingan untuk merebutkan mahkota sebagai produsen smartphone terbesar sejagat kian sengit. Akhirnya setelah berusaha keras untuk mengejar, Samsung berhasil menggulingkan Apple dari singga sananya.

Perusahaan asal negeri gingseng tersebut didapuk mampu menjual sebanyak 83,2 juta unit smartphone diseluruh dunia. Hal ini membubuhkan Samsung sebagai penguasa market pasar sebanyak 24 persen atau turun dari tahun lalu yang mencapai 31 persen. Meskipun turun, Samsung tetap unggul jauh dari Apple yang menguasai 17,7 persen pasar dunia, dengan menjual sebanyak 61,2 juta unit smartphone di kuartal pertama.

Seperti yang kita ketahui, mahkota Samsung berhasil direbut oleh Apple di Q4 tahun lalu, hal ini karena didorong dengan penjualan duet iPhone 6 plus dan iPhone 6 yang berhasil mendongkrak penjualan Apple dengan berhasil mengkapalkan sebanyak 74,8 juta unit.

Meskipun menjadi produsen terbesar, keuntungan keseluruhan Samsung meneurun secara year-over-year sebanyak 30 persen. Hal ini dialami samsung sebanyak 6 kali berturut-turut. Kemerosotan keuntungan ini terutama disumbangkan oleh unit divisi Mobile and IT Samsung dengan mencatat penurun hingga 57 persen.

Seoertu yang kita ketahui bersama, Samsung kian sengit untuk bersaing apalagi perusahaan-perusahaan baru seperti oppo dan Xiaomi yang kian meroket karena berhasil menguasai pasar menengah kebawah dengan menghadirkan smartphone murah tetapi kualitas dan spesifikasinya tinggi.

Hal ini berbeda dengan Apple, meski penjualan menurun tetapi Apple berhasil menaikkan profit mereka melalui penjualan iPhone sebanyak 33 persen dan iPad meningkat sebanyak 27 persen.

Achmad Yusron

Achmad Yusron

Mahasiswa Matematika Salah satu kampus di Yogyakarta, meskipun kuliah di Matematika ia memiliki ketertarikan serta pengetahuan yang cukup luas didunia teknologi dan informasi.

More Posts Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle Plus

Comments

comments