Ruangguru.com, Sarana Calon Murid Bertemu Guru Secara Online

Dengan adanya kemajuan teknologi maka saat ini tak dapat dipungkiri lagi bahwa telah berhasil mengubah serta mempermudahkan masyarakat agar dapat memperoleh sesuatu yang mereka inginkan. Tapi dengan kemudahkan itu janganlah kita gunakan untuk kejahatan.

Dikutip dari tekno.liputan6.com, salah satu yang menggunakan kemajuan teknologi untuk sesuatu yang bermanfaat yaitu Ruangguru.com yang menawarkan kemudahan akses bagi pendidik maupun murid yang ingin menambah ketrampilan maupun materi pembelajaran di luar waktu sekolah.

Muhammad Isman Usman
CEO dan Co-Founder Ruangguru.com Muhammad Isman Usman (image : id.wikipedia.org)

Bila dilihat sekilas Ruangguru.com tak ada bedanya dengan lembaga bimbingan belajar biasa. Akan tetapi startup yang mulai dirilis sejak tahun 2014 ini memberikan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan penyelanggara layanan sejenis.

Salah satu yang akan membedakannya adalah Ruangguru.com memberikan penawaran layanan secara online, sehingga semakin banyak orang yang bisa mengaksesnya dengan mudah tak akan terbatas oleh waktu dan juga tempat.

“Jadi Ruangguru.com merupakan platform bagi seorang murid untuk mencari gurunya secara online, persiapan ujian berbasis teknologi, serta aplikasi yang memudahkan murid untuk mencari tutor,” ujar CEO dan Co-Founder Ruangguru.com Muhammad Isman Usman.

Yang unik, walaupun bergerak dalam bidan pelayanan pendidikan, pria yang juga pencetus dari Indonesia Future Leader ini ternyata tak mempunyai latar belakang pendidikan. Walaupun demikian, dia adalah satu-satunya di keluarga yang menumpuh pendidikan tinggi.

“Saya mungkin anomali dalam keluarga saya. Namun dari situ pula saya melihat bahwa pendidikan dapat mengubah seseorang,” ujar Iman yang juga pernah menjadi juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional pada Juli 2012.

Sekarang ini Ruangguru.com telah menghubungkan lebih dari 27 ribu guru dengan murid yang menginginkan pelajaran serta ketrampilan tambahan pada jam luar sekolah maupun kampus. Beberapa pelajaran yang ditawarkan meliputi pelajaran sekolah, bahasa asing, kesenian, olahraga dan juga ketrampilan yang lainnya.

Untuk itu, Ruangguru.com sedang berusaha mengembangkan aplikasi on-demand mobile yang memungkin seorang murid terhubung secara langsung dengan gurunya.

Dengan aplikasi tersebut, murid diharapkan dapat semakin mudah untuk berkonsultasi menganai semua pelajaran dengan cara yang lebih mudah, efektif dan juga cepat.

Untuk sekarang ini, aplikasi mobile Ruangguru.com masih dalam tahap pengembangan dan uji coba terbatas. Rencananya, dalam waktu dekat ini aplikasi tersebut sudah dapat disempurnakan serta diluncurkan ke publik.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *