Ramadan Tiba, Pemakaian Internet Diprediksi Malah Akan Melonjak




telkomsel

Selama momen Bulan Ramadhan serta Lebaran 2016, khususnya pada saat mudik maupun pada saat Lebaran tahun ini, pihak Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi pada daerah-daerah jalur mudik serta pada tujuan wisata bila dibandingkan dengan trafik hari-hari biasa.

Lonjakan trafik ini akan terjadi diantaranya pada layanan SMS yang akan naik berkisar antara 5 sampai 15 persen, mencapai 930 juta SMS, serta layanan data yang akan melonjak naik antara 15 hingga 25 persen hal ini menembus 2.700 Terabyte.

direktur

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi (image : medan.tribunnews.com)

Dikutip dari tekno.kompas.com, untuk mengantisipasi hal tersebut pihak Telkomsel dalam keterangan tertulisnya, mengeklaim telah melakukan serangkaian kegiatan untuk optimalisasi jaringan, seperti halnya menjaga ketersedian VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Pada jalur utama mudik di Pulau Jawa serta Sumatera telah disediakan kelonggaran sebesar 40 persen hingga 60 persen, seperti pada Jawa Barat sebesar 41 persen, Jawa Tengah sebesar 42 persen, serta Jawa Timur sebanyak 60 persen, sedangakan untuk Sumatera Selatan sendiri sebesar 59 persen.

Hal tersebut diyakini pihak Telkomsel akan membantu pelanggan agar tetap dapat terhubung dengan layanan dari Telkomsel. Pihak Telkomsel juga telah mengidentifikasi sebanyak 809 hostpot maupun POI (Point of Interest) yang meliputi bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, dermaga, rumah sakit, area padat lokasi, pasar tradisional serta mal.

Menurut pihak Telkomsel pada lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi pada masa Ramadhan serta Lebaran.

Agar dapat memaksimalkan kapasitas pada lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel juga telah menyiagakan sebanyak 76 unit COMBAT ( Compact Mobile Base Station) agar dapat meningkatkan kenyamanan bagi pelanggannya dalam berkomunikasi serta mengakses data.

“Pada masa Ramadhan serta Lebaran adalah suatu momen spesial bagi masyarakat Indonesia, Telkomsel ingin memastikan bahwa seluruh layanannya berfungsi secara baik dan juga dapat memenuhi kebutuhan,” kata Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi.

Pada akhir Mei 2016 ini pihak Telkomsel juga telah melalukan serangakian uji jaringan (drive test) untuk sepanjang jalur mudik di sepanjang jalur mudik utama pulau Jawa sepanjang 2.255 km.

Berikut adalah hasil uji jaringan tersebut menurut Telkomsel:

CSSR (Call Setup Success Rate): 98,53 persen
CST (Call Setup Time): 5,34 detik
CCSR (Call Completion Success Rate): 98,59 persen
MOS (Mean Opinion Score): 98,27 persen
Data Throughput: 7.994 kbps

Sedangkan untuk jalur Sumatera sepanjang 6705 km hasilnya adalah sebagi berikut:

CSSR 99,30 persen
CST 5,74 detik
CCSR 98,65 persen
MOS 97,59 persen
Data Throughput 3.564 kbps

Comments

comments