Mengenal Sejarah dan Asal Usul Plugin “Hello Dolly” WordPress

Jika anda menggunakan wordpress sebagai mesin Content Management System (CMS) Website anda, maka anda pasti akan menemukan plugin yang langsung terinstall pertama kali saat anda menginstall wordpress, biasanya ada Akismet yang merupakan plugin anti spam dan satunya lagi adalah plugin “Hello Dolly” yang sampai tulisan ini ditulis, belum jelas kegunaan teknisnya.

Banyak yang menganggap plugin ini tidak bermanfaat dan bahkan pada suatu survey yang dilakukan oleh wpcontent.co.uk, hampir 98% orang yang menginstall wordpress akan langsung menghapusnya.

Lebih lagi, pada laman repository nya, hello dolly hanya mendapat bintang 2,5 dari 5 bintang. Banyak yang satu suara dengan mengatakan “Plugin ini tidak perlu diinstall berbarengan dengan instalasi wordpress karena tidak ada manfaatnya”. Lantas benarkah plugin hello dolly seburuk itu?

Mencerminkan Penghargaan kepada Louis Armstrong

Dibalik semua kontroversinya, siapa sangka, hello dolly yang dirasa tidak ada manfaat teknisnya itu sebenarnya menyimpan rahasia filosofis yang mengharukan. penulis plugin tersebut yang tidak lain adalah penulis (programmer) utama CMS WordPress, Matt Mullenweg mendedikasikan plugin tersebut kepada Louis Armstrong dengan menggunakan lirik lagu “Hello Dolly” yangs secara acak akan di mainkan pada bagian kanan header website saat masuk ke laman admin / dashboard wordpress.

Menegaskan hal diatas, bahkan Matt Mullenweg pada laman plugin wordpress hello dolly memberikan deskripsi yang jelas menegaskan Hello Dolly ini tidak ada manfaat teknisnya:

This is not just a plugin, it symbolizes the hope and enthusiasm of an entire generation summed up in two words sung most famously by Louis Armstrong: Hello, Dolly. When activated you will randomly see a lyric from Hello, Dolly in the upper right of your admin screen on every page.

Nah, meski memang tidak ada manfaat teknisnya, kita masih bisa menikmati alunan musik penuh gairah dari Louis Armstrong pada video dibawah ini:

FAQ Terkait Hello Dolly

Mungkin masih banyak pertanyaan di kepala anda, kami rangkum dalam FAQ atau Frequently Asked Question (Pertanyaan yang sering ditanyakan) dibawah ini:

  1. Apakah kita dapat langsung hapus plugin hello dolly? Boleh. karena tidak memiliki efek signifikan secara teknis.
  2. Jika tidak penting, mengapa dia terinstall otomatis? Hanya idealisme Matt Mullenweg saja.
  3. Seberapa pengaruh jika kita hapus plugin tersebut? Karena ukurannya sangat besar dan fungsinya minim, maka sangat kecil pengaruhnya (tidak masalah jika dihapus/dibiarkan).

Demikian pertanyaan yang mungkin sering ditanyakan terkait “Hello Dolly” plugin wordpress, jika ada pertanyaan lain, silahkan di kolom komentar di bawah, kami dengan senang hati akan menjawab pertanyaan anda 😀

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *