Pengguna Twitter Wajib Segera Ganti “Password”

Saat ini semakin banyak hacker yang mencoba untuk membobol sebuah web. Baru-baru ini Twitter menyebar notifikasi penting untuk para penggunanya. Yang berisi himbauan agar para pengguna Twitter mengubah password.
Hal ini sebagai reaksi karena ada kemungkinan jutaan username dan juga password akun Twitter telah dibobol dan dijual. Walaupun belum begitu detail berapa juta pengguna yang telah menerima notifikasi tersebut.

Lana Del Rey
Lana Del Rey salah satu korban dari pembobolan akun Twitter (image : lifestyle.bisnis.com)

Dikutip dari tekno.kompas.com, walaupun begitu Trust and Information Security Officer Twitter Micahel Coates membantah keras bila sistem keamanan layanannya dikatan punya celah. Hal ini karena jutaan akun yang telah dicuri bukan berasal dari komputer Twitter.
“Tidak ada indikasi sistem kami telah dilanggar,” kata dia. Pernyataan tersebut juga didukung oleh analisis keamanan LeakedSource. “Ada bukti kuat bahwa Twitter tak diretas, melainkan penggunalah yang diretas,” begitu pernyataan resminya. Pada web LeakedSource juga menjelaskan bahwa pencurian username dan password dilakukan langsung satu per satu dari penggunanya.
Palaku dari peretasan ini merupakan anonim yang berasal dari Rusia yang menjuluki dirinya sebagi Tessa88. Mereka juga bertanggungjawab atas sejumlah peretasan jutaan akun MySpace, LinkedIn, serta Tumblr baru-baru ini.
Menurut LeakedSource, Tessa88 melancarkan aksinya dengan mengirimkan malware pada perangkat pengguna. Setelahnya peramban dari perangkat itu yang mengirimkan kembali semua username serta password pengguna dari berbagai situs.
Twitter adalah salah satu situs yang dapat diakses oleh penggunanya lewat peramban. Situs lainnya seperti LenkedIn, Tumblr, serta MySpace. Sampai saat ini pada data base Tessa88 telah berhasil menghimpun sekitar 1,8 juta akun lintas layanan.
Sedangkan untuk Twitter sendiri, akun yang berhasil dibobol sekitar 32 juta akun. Mulanya, Tessa88 mengeklaim bahwa telah mengantongi 379 juta akun Twitter yang telah dikumpulkan sejak awal 2015. Angka tersbeut lebih banyak dari pengguna aktif bulanan Twitter yang hanya 310 juta.
LeakedSource mengunngkapkan bahwa hanya 32 juta akun saja yang benar-benar dibobol oleh Tessa88. Yang jelas jutaan usernama dan password yang telah dibobol bila dijual senilai 10 bitcoin atau setara dengan 5.820 dollar AS (Rp 77,6 juta).
Diketahui korban dari pertasan ini ada nama-nama terkenal seperti halnya CEO Facebook Mark Zuckerberg, pendiri Twitter Ev Williams, penyanyi Lana Del Rey, serta akun NFL.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *