Pengguna Sering Habiskan Waktu di Snapchat Ketimbang Instagram




instagram vs snapchat

Saat ini media sosial sudah banyak sekali tinggal kita mau menggunakannya yang mana. Salah satu media media sosial yang berbasis foto dan gambar ialah Snapchat.

Sebenarnya antara Snapchat dan Instagram hampir sama, yang membedakan ialah Snapchat punya kegunaan untuk dapat mengobrol atau chatting. Walaupun Instagram lebih dulu hadir di dunia maya, akan tetapi saat ini Snapchat kini lebih unggul atas Instagram.

rank

Ranking dari penggunaan Snapchat menggusur posisi Instagram (image : tekno.liputan6.com)

Dikutip dari tekno.liputan6.com, Snapchat saat ini telah mengungguli Instagram secara jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengguna pada kedua aplikasi ini. Berdasarkan sebuah laporan dari perusahaan analisis aplikasi, App Annie, ada tiga aplikasi yang durasi paling lama digunakan, yakni Facebook, Snapchat, serta Instagram.

Walaupun begitu, Business Insider menyebutkan bahwa temuan ini adalah satu-satunya yang menyebutkan bahwa Snapchat telah mengguli Instagram.

Menurut survei terbaru dari insvestment bank Piper Jaffray, aplikasi besutan dari Evan Spiegel ini lebih disukai kalangan remaja bila dibandingkan dengan Instagram.

Pada musim gugur 2015 yang lalu, Piper Jaffray melakukan survei pada 6.500 remaja di Amerika Serikat. Dan hasilnya sebanyak 33 persen dari responden menganggap bahwa Instagram adalah media sosial penting bagi mereka.

Akan tetapi pada musim semi ini, terlihat hanya 27 persen remaja yang menggap bahwa Instagram merupakan media sosial yang penting bagi mereka. Hal ini malah berkebalikan dari media sosial Snapchat.

Pada musim gugur 2015 yang lalu, hanya 19 persen remaja yang menganggap Snapchat merupakan media sosial terpenting bagi mereka. Tapi prosentasi tersebut meningkat pesat hingga 28 persen, sehingga membuat Snapcaht mengungguli Instagram untuk kategori ini.

Facebook sebagai perusahaan induk dari Instagram dikabarkan tak begitu senang dengan performa Instagram baru-baru ini. Kerana itu, perusahaan kepunyaa Mark Zuckerberg ini merombak ulang logo dari Instagram pada bulan lalu.

Bahkan, beberapa waktu yang lalu, newsfeed atau timeline dari Instagram diubah. Posts yang ditampilkan pada timeline tak lagi berdasarkan kronologis, melainkan relevansi posts  terhadap pengguna.

Sebelumnya Facebook pernah menawar Snapchat seharga US$ 3 Triliun (Rp 40 miliar), tapi Snapchat menolak. Setalahnya Facebook memperkenalkan fitur-fitur yang hampir mirip besutan Snapchat seperti “kode” visual yang dapat membuat doodle pada foto, dan juga memberikan sentuhan filter melalui aplikasi MSQRD yang telah diakuisisi Facebook.

Walaupun begitu, sebenarnya jumlah pengguna aktof dari Intagram masih lebih banyak daripada Snapchat. Mungkin yang harus menjadi perhatian dari Facebook ialah, Snapchat punya cara yang ampuh untuk terus menjangkau penggunanya.

Comments

comments