Pakai Google Keyboard Terbaru, Ngetik di Android Cukup dengan Satu Tangan




keyboard

Saat ini banyak sekali smartphone dengan mengusung ukuran yang cukup besar, smartphone Android pun terbilang sangat sulit dipakai untuk mengetik dengan satu jari, hal ini dikarenakan tombol-tombol huruf pada virtual keyboard terpisah dengan jarak yang cukup jauh satu sama lainnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihak Google memberikan sebuah terobosan terbarunya dengan membuat fitur baru berupa mode pengetikan dengan menggunakan satu tangan (one-handed typing) pada update terbaru dari aplikasi Google Keyboard.

keyboard a

Bentuk keyboard satu tangan dari Google Keyboard (image : nextren.com)

Dikutip dari tekno.kompas.com, agar dapat mengaktifkan mode ini, para pengguna dari Google Keyboard hanya tinggal menekan serta menahan tombol koma atau “,” sampai nanti akan muncul ikon satu tangan pada sebelah ikon gir (setting).

Dengan memilih ikon satu tangan ini, maka secara otomatis Google Keyboard ini akan mengubah layout  menjadi lebih kecil serta lebih rapat ke arah salah satu sisi layar (kanan maupun kiri, kita tinggal mengaturnya sesuka hati kita) agar tombol-tombol virtual keyboard dapat lebih mudah dijangkau oleh satu tangan pengguna.

Perlu kita ingat bahwa fitur ini hanya berlaku pada Google Keyboard terbaru, yaitu versi 5.0. Akan tetapi saat ini belum semua dari pengguna di Indonesia dapat menikmati (mengunduh) versi tersebut dari toko aplikasi Google Play store.

Mode one-handed Google Keyboard ini hampir mirip dengan layout khusus yang telah disediakan oleh aplikasi keyboard yang diusung Microsoft, yakni Word Flow.

Walaupun mempunyai fungsi yang sama, akan tetapi masih terdapat perbedaan yang cukup mencolok pada keduanya. Pada Word Flow mempunyai bentuk papan ketik yang turut pula yaitu berubah menjadi melengkung agar semakin mudah untuk dijangkau.

Word Flow saat ini masih tersedia untuk para pengguna iOS. Akan tetapi Microsoft berjanji bahwa aplikasi keyboard ini juga akan turut dirilis untuk platform Android, walaupun begitu pihak Micorsoft belum mau menginformasikan tanggal pastinya untuk meluncurkan aplikasi keyboard tersebut untuk platform Android.

Comments

comments