Mulai Tahun Depan, Singapura Larang PNS-nya Buka Internet

Ini entah kabar gembira atau sedih bagi PNS di Singapura. Pasalnya sebentar lagi koneksi Internet di semua instansi pemerintah dan sederajatnya di Singapura akan diputus. Langkah mengejutkan yang diambil ini demi mengamankan diri dari serangan cyber.

hacker
Langkah yang dilakukan pemerintah Singapura ini bertjuan untuk mengurangi jumlah peretas dinegaranya (image : culturedigitally.org)

Pemutusan koneksi Internet ini telah diberitahukan melalui memo yang telah dikirim ke semua instansi pemerintah bahkan sudah sampai ke Kementerian Singapura. Untuk pemutusan koneksi Internet ini direncanakan pada bulan Mei 2017 mendatang.

Dikutip dari tribunnews.com,”Pemerintah Singapura akan rutin untuk mengaji ulang berbagai keputusan yang terkait bidang TI agar koneksi Internet tetap aman,” kata juru bicara Infocomm Development Authority of Singapore.

Langkah yang diambil oleh pemerintah Singapura ini untuk menghindari serangan cyber di Negeri Singa itu semakin tinggi.

Dengan langkah pemutusan Internet pada instansi pemerintah, diharapkan untuk mengurangi serta mencegah kebocoran data dari e-mail yang terkait dengan pekerjaan serta berbagai dokumen pemerintah lain yang menjadi aset negara.

Sebanyak 100.000 komputer yang mana dipakai dalam unit pelayanan publik kepunyaan pemerintah akan terkena dampak dari kebijakan tersebut.

Walaupun pemerintah Singapura memutus Internet, akan tetapi langkah ini bukan berarti PNS Singapura tak bisa untuk mengakses Internet sama sekali. Mereka masih dapat menggunkan Internet melalui perangkat mobile, seperti memakai tablet maupun ponsel.

Hal tersebut masih boleh dilakukan karena alasan koneksi dari mobile tak akan terhubung langsung dengan sistem e-mail milik pemerintah. Pada dasarnya akan disediakan sebuah terminal khusus yang diperuntukan bagi pegawai yang membutuhkan koneksi Internet untuk bekerja.

Kebijakan yang diambil tersebut diyakini akan memakan waktu yang cukup lama untuk diterima oleh semua orang. Hal ini dikarenakan Internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dari orang-orang, bahkan saat ini guru memakainya untuk mengolah dokumen dan juga soal-soal ujian.

Tindakan pengamanan seperti ini sebenarnya langka dijumpai. Bahkan bank maupun perusahaan telekomunikasi tak pernah untuk memutus akses Internet di kantornya. Padahal kita tahu bahwa, mereka sangat ketat untuk mengatur penggunaan komputer.

Pada bank contohnya, mereka hanya mengatur penggunaan Internet milik pegawai tertentu saja, seperti analis, staf penjualan, dan juga tim komunikasi perusahaan. Mereka masih dapat menggunakan Internet, walaupun dibatasi penggunaannya.

Terdapat larangan untuk mengakses situs maupun aplikasi berbagi file, e-mail via web, serta situs porno. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi salah download yang berujung pada masuknya malware pada komputer perusahaan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *