Mengirim Pesan dan Lokasi Tanpa Sinyal?

Keutamaan utama dari ponsel merupakan kemampuannya agar dapat menangkap sinyal agar kita dapat berkomunikasi dengan perangkat lain. Namun bila perangkat telekomunikasi kita tak mendapatkan sinyal maka kita tak mungkin bisa untuk mengirim pesan serta mengirim lokasi kita saat ini.

Karena perkembangan teknologi yang pesat, sekarang ini telah ada perangkat yang dapat memungkinkan kita untuk mengirim pesan serta lokasi kita tanpa adanya sinyal.

GoTenna
Dengan GoTenna kita dapat mengirim pesan dan lokasi tanpa perlu sinyal (image : nycedc.com)

Dikutip dari beritateknologi.com, bila kita sedang mendaki, berkemah, ataupun saat kita traveling di ke tempat terpencil, kemungkinan ponsel kita tak akan mendapatkan sinyal karena biasanya sinyal seluler belum ada ditempat-tempat yang ekstrim atau terpencil.

Dengan adanya GoTenna ini kita perlu khawatir lagi, kerena dengan perangkat ini kita dapat membuat sambungan radio secara langsung dengan perangkat GoTenna lainnya dengan jarak 6,5 km. Dengan demikian, perangkat ini dapat memberikan pesan serta lokasi GPS dengan keluarga ataupun teman kita.

Untuk sekarang ini perangkat GoTenna ini seharga $200 sepasang atau sekitar Rp2,6 juta yang mana sering dipasang pada ransel, jaket ataupun carrier saat kita berpergian. GoTenna ini terhubung melalui koneksi Bluetooth smartphone Android ataupun iPhone kita, dengan menggunakan aplikasi.

Dengan aplikasi khusus ini juga memungkinkan smartphone kita agar menerima serta mengirim sebuah data ketika antena dipanjangkan hingga 15 sampai 20 cm. Beterainya pun dapat kita isi ulang, daya tahan baterai juga cukup awet yaitu dapat tahan sekitar 24 jam (setara dengan mengirim 700 pesan teks).

Wartawan dari Wall Street Journal yang telah menguji alat ini di daerah San Francisco serta beberapa pinggiran di California menemukan hasil yang cukup beragam.

Wartawan ini menemukan teknologi radio perangkat punya beberapa kelemahan jangkauan pada medan berbatu atau kasar, akan tetapi hal ini menjadikan sebuah pertimbangan kembali mengapa orang akan menggunakan alat ini.

Sebenarnya GoTenna ini diciptakan bukan untuk memperbaiki layanan seluler. Ini dimaksudkan untuk ditawarkan kepada orang untuk mengirim pesan atau berbagi lokasi pada daerah terpencil yang mana belum terjangkau oleh sinyal seluler.

Karena alat ini bekerja secara berpasangan, ini juga memungkinkan kita untuk menggunakan mode Shout, yang mana pesan dari pengguna satu dapat didengar atau diterima oleh pengguna GoTenna lain yang kebetulan mendengarkan pada saat itu.

Menarik bukan alatnya, buat kita yang suka muncak, berpetualang tak lagi takut tertinggal rombongan. Tapi perlu diingat ya kalau cara dari GoTenna ini berpasangan jadi dalam sebuah rombongan menimal ada dua alat GoTenna ini.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *