Mengembalikan Performa Android yang Mulai Lemot

Sekarang ini hampir setiap orang sudah memakai android dalam kesehariannnya, bahkan dalam sehari orang bisa menghabiskan 2/3 waktunya untuk memainkan ponsel pintar ini. Tidak bisa terlepas dari aktivitas memang rupanya karena sudah menjadi sebuah ketergantungan yang memberi banyak kemudahan bagi kita. Apalagi bagi orang yang punya tingkat mobilitas tinggi dengan penggunaan android ini menjadi syarat mutlak untuk menunjang aktivitas kerja, bisnis dan belajar. Namun semua orang pasti pernah mengalami masalah dengan androidnya, mulai dari pengaturan aplikasi, kerusakan software sampai pada melemahnya performa android. Untuk masalah pengaturan software saja itu mudah kita otak-atik sendiri.

Tapi untuk kerusakan software atau pun hardware itu perlu penanganan khusus oleh ahlinya, biasanya bisa dibawa ke pusat servis atau gerai tempat pembelian smartphone yang bisa melayani servis. Untuk artikel ini saya akan membantu pada masalah yang ketiga yaitu menurunnya performa android anda atau android menjadi lemot dalam memproses perintah.

Pada 3 sampai 6 bulan pertama setelah pembelian biasanya kita akan puas dengan kinerja smartphone kita yang cepat menampilkan fitur dari icon yang kita klik. Namun setelah 6 bulan berlalu kita dapat mulai merasakan bahwa ponsel kita ini menjadi lambat merespon perintah dari jempol tangan kita. Awalnya kita berpikir bahwa ada kerusakan atau ada masalah dengan smartphone kita. Tapi sebenarnya tidak, penurunan performa itu bukan karena masalah pada smartphone, tapi pada beban aplikasi yang kita instal dan kita jalankan pada saat yang bersamaan dalam smartphone. Selain itu kapasitas memori yang over juga mempengaruhi performa android kita. Maka tidak perlu panik dan terburu-buru untuk menserviskan android kita ke counter atau pusat servis hanya untuk masalah penurunan performanya.

Untuk mengatasi masalah ini dapat kita bereskan sendiri dengan sedikit kesabaran dan mempraktekkan tips ini. Pertama kita bisa identifikasikan dulu kira-kira apa yang menjadi masalah penyebab penurunan performa ini. Apakah karena memori yang over kapasitas atau karena banyaknya aplikasi berjalan atau juga karena widget pada tampilan layar yang terlalu banyak.

Untuk masalah memori over kapasitas tentu kita tahu apa yang harus kita lakukan, yaitu dengan mengganti kartu memori SD dengan kapasitas yang lebih besar. Atau alternatif keduanya adalah dengan menghapus file-file yang di rasa tidak terlalu penting. Pastikan android kita masih memiliki ruang kosong pada memori SD nya.

Untuk masalah beban aplikasi dapat kita identifikasi dengan melihat aplikasi apa saja yang kita instalkan pada android kita. Penginstalan ini membutuhkan cache untuk mensupport aplikasi sehingga semakin banyak aplikasi yang kita instal, maka semakin banyak cache yang memenuhi memori. Untuk itu hapus cache dengan cara klik pengaturan lalu klik penyimpanan lalu klik pada tulisan hapus cache. Ini cukup mengurangi beban prosesor pada android.

Berikutnya android melemah karena aplikasi berjalan yang banyak, padahal kita tidak sedang mempergunakannya. Pada kasus ini biasanya akan terasa panas atau hangat pada bagian baterai android. Ini menandakan bahwa prosesor android sedang bekerja sangat extra atau terlalu berat. Untuk mengatasinya klik pada pengaturan, lalu klik aplikasi, lalu geser ke bagian menjalankan. Disitu akan muncul aplikasi-aplikasi yang masih terus bekerja padahal kita tidak sedang menggunakannya.

Klik pada bagian aplikasi yang tidak digunakan lalu klik tutup. Dan lakukan pada apli kasi-aplikasi yang tidak sedang kita jalankan. Setelah itu android anda akan kembali bekerja normal. Lakukan ini secara rutin tiga hari sekali atau ketika di rasa performa android kembali menurun.

Kurangi beban RAM pada android kita untuk memberikan ruang nafas bagi android. Smartphone keluaran sekarang dilengkapi dengan RAM yang besar minimal 1GB untuk mensupport kecanggihan tahap penyempurnaan android. RAM ini yang digunakan untuk menyimpan data aplikasi. Dan menjadi pengaruh penting bagi performa android kita. Mengurangi isi atau aplikasi yang tersiman pada RAM jug salah satu cara mengembalikan performa android. Caranya dengan menstop dan menghapus aplikasi-aplikasi yang berkapasitas besar dan tidak terlalu penting di gunakan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *