Mengapa OnePlus Hentikan Penjualan Smartphone di Indonesia?

Mungkin sekarang ini jutaan jenis smartphone dijual pasaran, termasuk juga di Indonensia. Bila tak bisa bersaing maupun tak dianggap tak menguntungkan lagi pasti sebuah vendor akan menutup pabrik di suatu negara.

Hal ini terjadi pada vendor OnePlus, startup pabrikan ponsel asal negara Tirai Bambu ini membuat sebuah keputusan yang boleh dikatakan mengejutkan di pasaran Indonesia. Pasalnya secara diam-diam OnePlus hengkang dan akan menghentikan penjualan produk barunya untuk pasaran Indonesia.

oneplus
Produk terakhir dari OnePlus di Indonesia yakni OnePlus X (image : sidomi.com)

Hal ini menjadi pertnyaan besar bagi pemakai serta penyukai produk OnePlus.

Dikutip dari tekno.kompas.com, menurut Carl Pei, kepala pemasaran global dari OnePlus, terdapat beberapa alasan mengapa OnePlus melakukan hal tersebut. Dan salah penyebabnya ialah OnePlus merasa kesulitan untuk mengikuti perkembangan regulasi yang ada.

“Karena adanya perubahan regulasi baru-baru ini, kami tak dapat menjual produk baru di Indonesia sampa ada informasi baru yang disampaikan,” ujar Pei.

Walaupun begitu Pei tak menjelasakan secara detail “perubahan regulasi” apa yang dimaksudnya. Alasan yang lain terkait dengan kemampuan produksi serta finansial OnePlus.

“Sebagi perusahaan kecil, kemampuan manufaktur kami harus tersentralisasi agar dapat menaikkan produksi serta menurunkan harga,” imbuh Pei.

Walaupun OnePlus akan hengkang, menurut Pei garansi produk OnePlus yang terlanjur di beli oleh konsumen akan terus berlaku.

Setelah memutuskan untuk berhenti menjual produk, dia juga menyebutkan bahwa OnePlus berniat untuk kembali ke pasaran Indonesia di masa depan nanti, akan tetapi dia tak menyebutkan kpan hal itu akan terjadi lagi.

OnePlus adalah sebuah perusahan rintisan pada bidang hardware smartphone yang telah berdiri sejak Desember 2013 yang lalu. Vendor yang masih tergolong muda tersbeut mulai terarik untuk kemungkinan ekspansi ke pasaran Indonesia setahun setalh berdiri.

Akan tetapi kiprah dari OnePlus boleh dibilang hanya seumur jagung. Produk pertama kali OnePlus meluncur ke Indonesia ialah ponsel OnePlus One yang dirilis untuk pasaran Indonesia pada awal 2015 yang lalu melalui kerja sama dengan salah satu pelaku e-commerce.

Produk terakhir yang dirilis OnePlus ialah OnePlus X yang meluncur kepasaran pada bulan Maret yang lalu. Ponsel yang dibekali dengan 4G LTE tersebut dibandrol dengan harga RP 3,4 juta sebagai perangkat 3G dengan kemampuan 4G yang dikunci.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *