Mau Saingi Google, Baidu Bikin Mobil Tanpa Sopir

Sekarang ini bukan hanya Google yang tertarik dengan pengembangan mobil tanpa sopir. Masih ada perusahaan lain yang juga ikut meramaikan persaingan untuk mengembangakn mobil tanpa pengemudi. Setidaknya ada perusaahaan asal negara Tirai Bambu juga ikut mengembangkan mobil tanpa pengemudi.

Dikutip dari tribunnews.com, perusahaan yang juga ikut mengembangkan mobil tanpa pengemudi adalah Baidu. Perusahaan asal China tersebut sampai rela membentuk sebuah tim khusus penelitian di Silicon Valley.

baidu
mobil tanpa pengemudi kembangan dari Baidu (image : tribunnews.com)

Tim tersebut ditempatkan di kampunge halaman dari Google itu rencananya akan dikembangkan hingga mempunyai anggota lebih dari 100 teknisi dan juga peneliti dengan dengan tenggang waktu hingga akhir 2016 ini.

Sebenarnya tim tersebut akan menjadi bagian dari proyek Autonomous Driving Unit (ADU-US) dan untuk mengerjakan beberapa hal, mulai dari perencanaan, persepsi, pengendalian, sampai dengan soal sistem.

Alasan Baidu memilih tempat di Silicon Valley sebagai lokasi kerja dari tim mereka karena izin untuk menerapkan mobil tanpa pengemudi sudah mereka dapatkan untuk daerah tersebut. Yang mana untuk tahap selanjutnya mereka juga akan mengembankannya ke daerah lain, yang juga telah mengantongi izin.

Sama seperti mobil tanpa pengemudi besutan dari Google, mobil yang dikembangkan oleh Biadu juga akan diberi tanda. Tujuannya jelas, agar kepemilikan mobil tersebut akan dapa dilihat dengan jelas serta dapat dibedakan dengan mobil jenis lain.

“Tim Baidu yang berada di Silicon Valley mempunyai perenan yang amat penting dalam pembuatan mobil masa depan. Kami juga menjalankan komitmen agar dapat mewujudkan mobil yang dapat bergerak tanpa adanya pengemudi,” ujar General Manager Baidu Autonomous Driving Unit, Jing Wang.

Kabar yang berhembus sebelumnya, raksasa internet asal China tersebut memang sudah berulang kali dikabarkan sedang membuat mobil tanpa pengemudi. Sejak dua tahun yang lalu, Baidu telah bekerja sama dengan pabrikan mobil BMW dan juga Samsung untuk mewujudkan mimpi membuat modil tanpa pengemudi.

Menurut kabar terakhir mengenai proyek mobil tanpa pengemudi ini, Baidu ingin merilis teknologi tersebut untuk para konsumennya pada tahun 2018 nanti.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *